NINI THOWOK

NINI THOWOK

Jenis Film :

Horror

Produser :

Ronny Irawan, Hendro Djasmoro, Andreas Setiaputra

Sutradara :

Erwin Arnada

Penulis :

Alim Sudio, Erwin Arnada

Produksi :

TBS Films

Durasi :

75 menit

Pemain :

Natasha Wilona, Amec Aris, Ingrid Widjanarko

Sinopsis :

SEPENINGGAL neneknya, Nadine (Natasha Wilona) mendapat warisan sebuah usaha losmen yang bernama Mekar Jiwo di Kota Solo. Nadine dan adiknya, Naya (Nicole Rossi), terpaksa pindah ke Solo untuk mengelola losmen tersebut karena Eyang Marni (Jajang C. Noer) berpesan agar losmen itu tidak ditutup atau dijual. Orangtua Nadine sudah meninggal beberapa tahun lalu akibat kecelakaan mobil. Losmen yang sudah lama sepi itu (mati enggan, hidup tak mau) memiliki satu kamar kosong yang tidak boleh dibuka. Bahkan tidak ada yang tahu dimana kunci gemboknya disimpan.

Beberapa hari tinggal di losmen Mekar Jiwo, Nadine mengalami berbagai kejadian aneh. Nadine yakin bahwa kejadian itu pasti ada hubungannya dengan kamar terlarang. Makin penasaran, Nadine nekad membuka kamar terlarang meskipun sudah dilarang oleh Mbok Girah (Ingrid Widjanarko) dan Pak Rahmat (Slamet Ambari), para pegawai kepercayaan Eyang Marni.

Di dalam kamar yang sudah lama tertutup itu, ditemukan sebuah lukisan perempuan keturunan Cina dan boneka nini thowok. Menurut literatur Jawa, nini thowok adalah jelangkung perempuan. Belakangan diketahui bahwa pemilik pertama losmen Mekar Jiwo adalah Nyonya Oey (Gesata Stella), perempuan yang ada di dalam lukisan.

Teror mistis terus berlangsung, membuat Nadine berusaha mencari tahu apa yang telah terjadi di sana puluhan tahun silam. Akhirnya Nadine menemukan jawaban, bahwa ada urusan yang belum terselesaikan semasa Nyonya Oey masih hidup hingga akhirnya meninggal mengenaskan. Apa yang terjadi pada Nyonya Oey? Apa hubungan Nyonya Oey dengan boneka nini thowok, media pemanggil arwah tersebut?