Air Bersih Tirta Deli Barbau

Jumat, 27 Juli 2018

Pengirim: David Goon, Jln Kenangan, Perbaungan

Saya berdomisili di Jalan Kena­nga, Perbaungan Serdang Bedagai. Sebagai pelanggan air bersih Tirta Deli yang mengandalkan air PAM untuk keperluan sehari-hari dianta­ranya untuk mema­sak, mandi, cuci dan semua aktivitas, maka akankah sangat menyusahkan apa­bila air yang keluar dari pipa adalah air kotor berbau dan berwarna seperti air selokan. Bisa dibayangkan bagai­ma­na kalau air ini tercampur dengan air un­tuk mema­sak, mandi hingga gosok gigi?

Saya sudah berulangkali menele­pon ke kantor pelayanan yang berada di Lu­buk Pakam, staf yang meneri­ma telepon me­ngatakan akan segera diproses, tapi sampai saat ini tidak ada tindakan nyata.

Sebenarnya masalah ini sudah ber­langsung tahunan, sebelum bebe­rapa bulan terakhir ini, airnya lebih sering jer­nih daripada kotor. Dalam be­berapa ming­gu sekali, selalu ada air kotor ber­bau dan berwarna seperti air selokan.

Oleh petugas di lapangan me­ngan­jurkan mengganti pipa utama ke mete­ran air. Menurut petugas ada pipa yang bocor. Untuk penggantian pipa tersebut kami dikenakan biaya sebesar Rp. 600.000.

Oleh karena sudah tidak tahan lagi de­ngan air kotor kami pun terpaksa menyetujuinya. Dengan pergantian pipa, saya kira ma­salah sudah selesai, tapi apa daya air yang keluar juga tidak pernah benar benar beres. Sering bercampur dengan air kotor dan bau.

Saya coba menghubungi petugas lagi, petugas pun tak berdaya dan menyaran­kan kami menulis surat ke pim­pinannya. Saya pikir hal tersebut bu­kan­lah solusi, ada layanan telpon dan no­mor telepon geng­gam kenapa harus me­nulis surat?! Wa­laupun telpon geng­gam tersebut lebih sering tidak aktif daripada aktif.

Sampai detik ini saya menulis surat pem­baca ini (17 Juli 2018) terhitung saya sudah menelepon diatas 10 kali se­jak sebulan terakhir namun suara se­berang sana hanya memberi­kan jawab­an basi. “Iya pak, akan kami cek”.

Akhir kata, saya mohon perhatian dari petugas terkait untuk mencari so­lusi nyata. Bukan hanya dengan kata  “Iya pak kami cek. Iya pak petugasnya sudah kami kasih tahu.” Sedangkan kami kesusahan air bersih dengan ta­gihan air tidak murah juga.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar