Bingung Mau Urus Surat Tanah

Kamis, 22 Februari 2018

Pengirim: Tommy, Jl. Setia Budi Ujung, Medan

Pada 15 Februari 2018 Saya mau ikut program gratis pengurusan Serfitikat Tanah, dimana tanah dan bangunan kami pas di depan Jl. Setia Budi Ujung Sim­pang Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan.

Setelah kami bawa berkas dan jumpa dengan pihak BPN di kelurahan, saya sa­ngat terkejut karena dibilang serfitikat kami nantinya adalah kemungkinan HGB dan harus diperpanjang setiap 20 tahun dan bukan SHM karena ada per­aturan baru kata Petugas BPN. Padahal mau mengurus SHM.

Setahu saya jika tanah kami dibuat jadi Serfitikat HGB sama saja kami num­pang di tanah Negara atau orang lain, padahal tanah tersebut milik kami dan atas nama sendiri dan tanah dan rumah bukanlah perumahan, apartemen dan sejenisnya.

Saya dan keluarga lain yang mau urus serfitikat jadi bingung dan takut urusnya apalagi nanti mau jual beli tanah pakai Serfitikat HGB.

Yang membuat kami bingung ketika saya tanya kalau nanti serfitikat saya jadi HGB bisa pindah ke SHM, petugas bilang bisa diurus. Terus saya bilang kenapa tidak SHM langsung kok jadi ribet ke HGB dulu baru bisa ke SHM. Aneh dan bingung dan tetap takut ikut programnya.

 

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar