Jawaban Humas PLN Area Medan

Kamis, 14 September 2017

Pengirim: Agus Trisusanto, Manajer PLN Area Medan

Menjawab pertanyaan pelang­gan pada koran Analisa 6 September 2017, Ma­­­­najer PLN Area Medan, Agus Tri­su­santo menga­takan bahwa pe­ma­dam­an yang terjadi pada 1 September 2017 di­se­babkan oleh gangguan pohon yang m­e­nyentuh jaringan tegangan mene­ngah (TM).

Gangguan pohon ini terjadi dikarena­kan curah hujan yang tinggi di Medan. Na­mun, petugas PLN segera datang ke la­pangan untuk mengatasi gangguan ter­sebut dan tidak sampai satu jam gang­guan telah berhasil diatasi.

Perlu diketahui juga bahwa penyebab pe­madaman ada dua hal, yaitu karena pe­meliharaan dan gangguan. Pe­ma­dam­an listrik saat pemeliharaan ini dilakukan demi keamanan dan kesela­mat­an kerja, hal tersebut juga dilakukan un­tuk mengantisipasi hal yang tidak di­inginkan. Sedangkan gangguan dapat di­sebabkan banyak hal, antara lain gang­guan alam, seperi jaringan tertimpa po­hon akibat hujan lebat/angin kencang, gang­guan kabel pu­tus akibat angin ken­cang, serta gangguan tiang tumbang akibat angin kencang/longsor. Gang­guan terjadi di luar kendali PLN, sehing­ga tidak ada pemberitahuan sebelum­nya ke­pa­da pelanggan.

Sebagai informasi, bahwa Suma­tera Uta­­ra sudah mengalami surplus daya lis­trik. Surplus daya merupakan kondisi di­­mana Daya Mampu Pembangkit (DMP) dari pembangkit sudah melebihi Be­ban Pun­cak (BP) dari pelanggan PLN. Kele­bihan surplus daya ini telah dirasakan oleh PLN Wilayah Sumatera Utara sejak Juni 2017. Beberapa hal yang mendu­kung surplus daya di Su­matera Bagian Utara (Sumbagut) adalah ka­rena bebe­rapa pembangkit baru sudah masuk dalam sistem Sumatera Bagian Utara. Be­­berapa pem­bang­kit ter­sebut seperti Ma­­rine Vessel Power Plan (MVPP) 1x240 MW milik Karpo­wer­ship yang di­sewa oleh PLN, serta Inde­pendent Po­wer Producer (IPP) yang turut men­du­kung kondisi kelistri­kan Sum­bagut, se­perti PLTP Sarulla 1x100 MW, serta PLTMH tersebar yang ada di Sumut.

Rata-rata daya mampu pem­bangkit listrik Sumbagut sekitar 2200 MW, dengan beban puncak sekitar 1950 MW, se­hing­ga PLN Sumbagut memiliki ca­da­ngan daya sekitar 10% dari daya mampu pembangkit.

PLN juga menghimbau apabila terjadi pemadaman dilokasi terbatas dapat menghubungi Contact Center PLN 123. Contact Center PLN 123 menjadi garda depan bagi PLN untuk berkomu­nikasi de­ngan pelanggan secara langsung melalui sistem online selama 7x24 jam. Con­tact Center PLN 123 merupakan saluran resmi PLN yang dapat dihubungi masyarakat melalui Telepon: 123, HP: (kode area) 123, E-mail: pln123­@pln.­co.id, ­Facebook: PLN 123, Twitter: @PLN_123, dan Website: www.­pln.­co.id.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar