Kecewa dengan Layanan Dailydobi Laundry

Jumat, 30 Agustus 2019

Pengirim: Susanty Nova, Jl. Bilal Krakatau Vista Medan.

BERHUBUNG ada saudara yang memakai jasa laundry Dailydobi di Jalan Sutomo Ujung, pada 9 April saya mencoba memakai jasa laundry tersebut. Setelah dijelaskan jika menjadi member dan deposit Rp. 500.000 akan mendapat diskon untuk cu­­cian kita. Saya tertarik dan menjadi member serta menyetor deposit Rp. 500.000 tersebut. Pada tanggal itu juga saya mencoba laundry dry clean sprei berbahan sutra di sana. Hasilnya ketika saya ambil, noda-noda masih ada di sprei saya, tetapi tidak saya permasalahkan hal tersebut, saya cuci ulang sendiri.

Pada 22 April saya kembali mencoba laundry di sana berupa sprei set, quilt cover dan sarung bantal sofa yang kesemuanya berbahan katun Jepang dan baru perdana dipakai. Hasilnya untuk bahan yang berwarna pink jadi ada bercak-bercak putih, baik di sprei, sarung bantal sofa maupun quilt cover.

Pada 28 Mei saya laundry sprei set dan sarung bantal sofa yang sama sekalian menanyakan mengapa hasil laundry sebelumnya jadi berbercak, mereka tidak mengaku dan beralasan sudah begitu dari awalnya. Hasil laundry kali ini tidak mengecewakan seperti sebelumnya, tidak ada tambahan bercak putih.

Karena kecewa dengan jawaban mereka ketika dikomplain, saya selanjutnya mencuci sendiri sprei set saya tersebut, baru kemudian pada 29 Juli saya ke sana membawa sprei set dan sarung ban­tal sofa yang sama juga, sembari bertanya apakah deposit saya tersebut bisa dikembalikan saja ? Mereka menjawab tidak bisa, karena sisa deposit saya masih banyak, sekitar Rp. 419.000. Saya pikir ya sudah dipakai saja supaya deposit saya perlahan-lahan habis.

Namun betapa ter­kejutnya saya, hasil laundry kali ini sangat me­ngece­wakan, bagian tengah sprei yang berwarna pink, sudah hampir memutih, begitu ju­ga dengan sarung bantal sofa, memutih semuanya.

Waktu saya komplain hasil laundry tersebut ke Dailydobi, mereka memberi bermacam-macam alasan, bahwa warna dan corak sprei saya memang be­gitu, padahal disana ada customer lain me­ngi­yakan jika warna bagian tengah sprei saya memang jadi memutih, tidak sama dengan warna di bagian pinggir.

Kemudian mereka beralasan bahwa deterjen yang mereka pakai tidak sama dengan deterjen saya sewaktu saya mencuci sendiri, jadi apakah deterjen mereka bisa melunturkan warna? Selanjut­nya mereka mengatakan bahwa kita tidur di ba­gian tengah, jadi wajar kalau bagian tengah sprei warnanya jadi begitu. Saya tanya lagi, jadi kenapa bantal sofa juga begitu hasilnya, sedangkan bantal sofa tidak ditiduri setiap hari seperti sprei. Alasan berikutnya, mereka memakai pengering uap se­hi­ngga wajar warnanya memudar. Dan bahwa sprei makin lama memang makin pudar warnanya. Saya menegaskan kalau sprei saya itu belum setengah tahun saya pakai.

Saya sungguh kesal dengan layanan Dailydobi. Se­telah lelah berdebat, saya mengatakan kalau saya tidak menuntut hasil cucian yang sangat me­nge­cewakan tersebut. Saya hanya meminta re­fund sisa deposit saya sekitar Rp. 395.000. Me­­reka bersikeras deposit tetap tidak bisa dikem­balikan.

Akhirnya saya tinggalkan kartu member saya di sana, sisa deposit yang tidak mau mereka kem­balikan tersebut saya biarkanlah hangus daripada rugi lebih besar karena sprei set saya rusak.

Saya berharap Dailydobi dapat meningkatkan kualitas pelayanan mereka, sehingga tidak ada pelanggan lain yang dirugikan seperti saya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar