Kekeliruan yang Berlanjut

Selasa, 28 Agustus 2018

Pengirim: Miduk Hutabarat, Medan

Sebelumnya saya sudah pernah me­­nyorot perihal pemberian Jalan layang (baca:fly-over) yang meng­hu­bung­kan Jalan Jenderal Besar AH.Na­su­tion ke jalan Ngumban Surbakti. Ten­tang pemberian nama ‘fly-over Jamin Ginting’ itu kurang tepat. Pertama dari peng­gunaan istilah di ruang publik, peme­rintah sudah meng­imbau supaya seluruh pelaku pemba­ngu­nan menggu­na­kan bahasa Indonesia.

Artinya penggunaan nama fly-over Ja­min Ginting oleh pihak Direktorat Jalan dan Jembatan dan atau Dinas Perhubu­ngan sudahtidak  tepat.

Kedua, mengingat kota Medan ini akan terus berkembang. Artinya tidak ter­­tutup kemungkinan bahwa outer ring road akan dibuka, maka dapat dipasti­kan akan ada lagi jalan layang pada pe­rempatan di sana. Atau sangat ter­buka kemungkinan sebelum perem­pat­an outer ringroad pun, akan ada pe­nam­­bahan perempatan jalan lain yang akan melintasi Jamin Ginting. Kalau me­ngikuti logikanya yang sekarang, berarti na­manya akan dibuat jalan layang Jamin Ginting 2, 3..dst ?

Harusnya, mengingat daerah Sim­pang Pos itu sudah bersifat historis dan men­jadi penanda kawasan setempat, adalah jauh lebih tepat jika namanya ‘jalan layang simpang pos’. Lagi pula bukan jalan Jamin Gintingnya yang naik, se­hingga disebut jalan layang Jamin Gin­­ting’. Yang naik itu kan peng­hu­bu­ngan Jalan Ngumban Surbakti dan Jalan Jendral A.H Nasution.

Karena itu bukan kebetulan juga, kekeliruan berikut pun berlanjut.

Mari perhatikan dengan seksama ke­tika kita melewati jalan layang simpang pos ketika bergerak dari Jalan Ngumban Sur­bakti. Tepat saat naik ke jalan la­yangnya, di sisi kiri ada plang papan pe­tunjuk arah. Ada tanda panah meng­in­formasikan menerus, ditulis 3 baris dari atas ke bawah : Amplas l Lubuk Pa­kam l Kualanamo. Logikanya kalau ber­dasarkan urutan, harusnya urutan yang benar adalah; Amplas, Kuala Namu dan Lubuk Pakam.

Semoga kejadian ‘bukan kebetulan itu’ oleh pihak perhubungan –Pemerin­tah Kota atau Nasional – segera mela­kukan koreksi.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar