Masalah Pelayanan CS XL

Senin, 23 April 2018

Pengirim: Shoichi, Medan

Pada 12 Maret 2018, saya ditawar­kan oleh Customer Service XL yang ber­alamatkan di Jalan Diponegoro untuk men­jadi XL PRIORITAS, dengan kondisi sedang ada PROMO pemotongan harga se­besar 50%, dan saya pun memilih paket PLATINUM.

Kemudian saya juga bertanya kem­bali, karena saya masuknya tidak diawal bulan, bagaimana perhitungan nya untuk bulan ini, jawaban dari CS nya untuk bulan ini Prorata yah.

Karena ada mendapat free 1 hari Rooming di luar negeri yang sebesar Rp50.000/ bulan

Kemudian saya juga  bertanya ten­tang cara aktifasi PRIO PASS nya.

Setelah pulang karena merasa ragu ten­tang cara aktifasi, saya menanyakan kem­bali lagi ke Call Center 817, dan men­dapatkan pen­jelasan yang sama dari CS.

Singkat cerita, satu hari sebelum ke­be­rangkatan saya ke Luar Negeri, saya me­ncoba konfimasi dan aktifasi via Call Center lagi untuk memilih paket Rooming yang untuk 7hari. (Total Saya sudah 3 kali konfirmasi tentang XL PRIO PASS)

Pada hari ke 6 pada saat saya di LN, saya mendapatkan notifikasi dari XL bah­wa paket Rooming saya akan berakhir malam ini jam 23.59. Padahal hitungan saya seharusnya rooming saya berakhir di hari ke-7.

Karena saya sedang di LN dan tidak bisa telepon untuk memas­tikan ke Call cen­­ter mengenai notifikasi yang saya terima, saya mencoba tetap mengguna­kan INTERNET di hari ke-7.

Begitu dihidupkan data internet, lang­sung ada masuk notifikasi dari XL bahwa saya telah dikenakan biaya rooming, ka­rena kwatir mahal biayanya, saya lang­sung tutup dan terpaksa harus menge­luar­kan biaya tambahan untuk membeli kartu baru agar bisa tetap menggunakan internet di luar negeri. Padahal kalau saya dari awal membeli kartu di luar negeri, saya tidak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk PRIO PASS tersebut.

Setelah kembali ke tanah air, saya mendapatkan billing tagihan dari XL dan ternyata tagihan pun bengkak.

Permasalah pun dimulai dan semua yang telah dijanjikan tidak sesuai.

Biaya PRORATA yang dimak­sud­kan adalah Prorata dari Tarif normal sebelum pe­motongan harga (Tidak dijelaskan ke kon­sumen di depan secara detail/ me­nu­tup-nutupi, siapa pun yang mende­ngar akan menggangap Prorata dari har­ga sesudah diskon)

Kemudian free rooming 1 hari yang di­dapatkan dari Paket Platinum juga tidak dikreditkan di Billing tagihan saya.

Saya kemudian menelepon ke Call Center 817 kembali, membuat laporan. Karena merasa laporan saya tidak di­tang­gapi, dan tidak puas dengan hasil yang diberikan, saya mencoba untuk meluangkan waktu ke Grapari XL dimana saya berlangganan.

Penjelasan untuk detail tagihan di billing tidak dapat dijelaskan secara spesifik dan berbeda dengan yang saya dapatkan dari Call Center. Janji dari Customer Service akan menghubungi saya dalam 7 hari kedepan untuk mem­be­rikan solusi dan klarifikasi. Setelah be­berapa hari berikutnya, dari CS ada yang menelepon bahwa akan mengganti biaya rooming nya saja, sedangkan untuk complainan yang lain belum bisa dijawab.

Kemudian 17April, saya menco­ba un­tuk membuat laporan lagi, dan bertemu dengan pimpinan disana. Beliau menjan­ji­kan akan memberikan saya jawaban paling lama hari ini juga. Malam hari saya ditelepon oleh CS dari XL, menga­ta­kan kalau pimpinan nya sedang sibuk, beliau memberikan pesan untuk meng­gan­tikan biaya rooming sebesar yang di­pesankan.

Karena saya merasa biaya penggan­tian yang diberikan tidak sesuai dengan yang semestinya, dan dengan kerugian saya selama di luar negeri. Saya mem­berikan pesan tolong disampaikan ke­pada pimpinannya bahwa saya mau berbicara.

No XL yang saya beli ternyata adalah no RECYLCE, sebelumnya sudah per­nah ada yang pakai, karena saya sering mendapatkan notifikasi SMS Banking, dan pulsa saya terpotong setiap ada no­tifikasi yang masuk.

Billing tagihan saya autodebet dari kartu kredit, jadi bank dari kartu kredit saya sudah otomatis membayarkan ta­gihan dari XL yang tidak sesuai dengan nominal semestinya.

Sampai hari ini, saya masih belum di­hubungi dan bisa meng­hubungi kem­bali no CS XL yang menghubungi saya, se­pertinya No XL saya di block, karena saya coba call dari nomor lain bisa ter­sam­bung.

Karena merasa tidak ada itikad baik dari staf XL untuk menye­lesaikan per­ma­salah ini, saya membuat surat pem­baca ini agar kedepannya setiap orang lebih teliti dan hati-hati jikalau ditawari se­suatu, terutama yang PROMO. Dan juga harus ekstra teliti dan mengecek untuk billing tagihan, terutama yang pascabayar (Bayar melalui autodebet Kartu Kredit)

Pesan untuk XL

Mohon dapat memberikan pelatihan untuk Customer Service ataupun Call Cen­ter dalam memberikan informasi ke­pada konsumen, karena informasi yang diberikan kepada saya semba­rangan dan tidak dapat diper­tanggung jawabkan.

Noted: Saya mempunyai rekaman di Grapari XL, dan pelayanan dari Customer Service yang ada di Diponegoro sangat jelek.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar