Penghematan Air Bersih di Padang Bulan

Jumat, 16 Maret 2018

Pengirim: Miduk Hutabarat, Medan

TEMPAT tinggal saya di daerah Pa­dang Bulan Pasar VI Medan. Perihal ke­tersediaan air bersih oleh PDAM Tir­tanadi Medan di daerah kami, sudah lebih setahun lebih PDAM melakukan peng­hematan untuk menggunakan air PAM. Caranya, menjelang pukul 12-an siang sampai dengan pukul 16-an. Ke­mu­dian malam hari mulai pukul 22.00 an sampai dengan pukul 05.00-an WIB, air PAM selalu mati.  

Dengan kondisi seperti itu, otomatis kita harus punya bak penampungan air di dalam rumah. Dan harus tetap siaga un­tuk mengisi bak air di saat air PAM me­ngalir supaya tetap ada stok air di dalam kamar mandi.

Yang kedua, harus ekstra hati-hati, su­paya jangan sampai kelupaan pada saat air PAM mati, dan kita perlu men­cuci tangan karena kotor. Atau mem­bu­tuh­kan air untuk keperluaan tertentu, saat saat kran kita putar ke posisi ter­buka tetapi tidak mengalir, jangan sam­pai lupa mengembalikan pengait kran ke posisi tertutupnya. Sehingga air tidak mengalir kemudian -setelah kita tinggal­kan-, kemudian tiba ke jam hidupnya.

Jika hal itu terjadi, maka siap-siaplah kalau jumlah tagihan rekening kita akan naik di akhir bulan.  

Pertanyaan kita adalah, apakah tindakan seperti itu lebih tepat dalam membentuk perilaku hemat para peng­gu­na air PAM di kota ini ?  Yang cende­rung merepotkan kita, karena harus eks­tra hati-hati. Jika toledor, justru bisa lebih boros. Karena air sering meluber ke saluran pembuangan air dari mulut kran karena kelupaan mengembalikan po­sisi pengait kran ke posisi tertutup­nya.

Semoga pihak managemen PDAM Tirtanadi Medan bisa memberikan so­lusi yang terbaik.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar