Ratusan Lubang di Jalan Hamparan Perak Deli Serdang

Sabtu, 15 Juni 2019

Pengirim: Nada Sukri Pane, Hamparan Perak - Deli Serdang.

Hal yang sangat menarik di Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Yakni posisi Kantor Camat, Polisi, Koramil dan kantor Kantor Urusan Agama (KUA) persis berdampingan. Tak jauh dari kantor tersebut terdapat sekolah SDN, SMPN, MTsN dan SMA Negeri. Hal ini mempermudah masyarakat mengurus berbagai keperluan administrasi dan menikmati pendidikan. 

Namun malang, sudah hampir tiga bulan jalan menuju pusat Kecamatan dan Pendidikan, (sekitar 1 Km) sangat sulit digunakan. Ada ratusan lobang besar kecil siap menimbulkan kecelakaan menelan korban. Nyaris tak dapat lagi di pilih jalan yang bagus layak digunakan. Sebagai perbandingan, jika anda jalan dari Jakarta menuju Medan, mungkin jalan Hamparan Perak inilah yang paling berlobang. Buruknya jalan ini disebut orang melayu Hamparan Perak ‘Tak rupe jalan’ 

Padahal jalan protokol Hamparan Perak ini adalah urat nadi. Sangat penting buat akses pendidikan dan pemberdayaan ekonomi. Karena petani dari 16 desa Hamparan Perak mengantar hasil panen ke kota melalui jalan ini. Berbagai keperluan administrasi masyarakat ke kantor Camat juga melalui jalan ini. Bahkan ribuan anak sekolah SD-SMP-MTs dan SMA negeri harus menempuh jalan ini. 

Perlu diketahui penyebab jalan Hamparan Perak tersebut cepat hancur karena dijadikan jalan alternatif (jalan pintas) antar Medan-Aceh. Ribuan truk dan mobil tangki minyak melintas setiap hari nyaris 24 jam. Berdasarkan keterangan beberapa supir truk, mereka suka memilih jalan Hamparan Perak sebagai jalan keluar masuk Medan karena tiga hal.

Pertama karena jalur lebih pendek, lumayan menghemat bahan bakar. Kedua karena jalur ini menghindari macet, lumayan mempersingkat waktu perjalanan. Ketiga menghindari razia polisi. Truk barang sangat suka memilih jalur ini karena jalur ini lebih sedikit terdapat Pos Polisi. Apalagi buat truk yang mengangkut barang penuh misteri, tentu jalan ini adalah solusi?!

Oleh karena itu kepada Bapak Bupati Deli Serdang atau Dinas Pekerjaan Umum Deli Serdang, mohon segera perbaiki jalan kami. Sudah beberapa kali anak sekolah dan penjual sayur dan buah (penggalas) terjatuh kepayahan. Kasihan anak sekolah pakaian kotor terpaksa pulang, hal ini dapat menghambat kemajuan pendidikan. Apalagi melihat buah atau sayur jatuh berserakan, keadaan ini dapat mengusik pemberdayaan ekonomi pedesaan. 

Tolong pembangunan jalan Hamparan Perak ini disegerakan, sebelum masyarakat marah melakukan unjuk rasa keberatan. Percuma masyarakat membayar pajak kendaraan, kemana uangnya digunakan?! Bukan mengajari ikan berenang, tidak juga melatih burung terbang, tapi sekedar mengingatkan, silap dan salah mohon maafkan.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar