Tarian Taman Buka SEA Games 2015

Singapura, (Analisa). Tarian taman beraneka warna dan empat pertunjukan tradisional Kota Singa membuka SEA Games 2015 di National Stadium Singapura, Jumat (5/6) malam.

Tarian yang menampilkan aneka rupa dan warna dedaunan beserta boneka burung dan kumbang bagai menyambut para delegasi dari 11 negara ASEAN serta para penonton di stadion berkapasitas 55 ribu itu.

Pada kesempatan itu, Singapura menampilkan empat pertunjukkan tradisional yaitu tarian India, Dikir Barat, Jingkil Nona, dan perkusi Tiongkok.

Gegap gempita pembukaan SEA Games 2015 tampak meriah dengan paduan teknologi digital baik pada sisi bawah dan atap stadion serta pantauan cahaya dari tiruan medali dari para penonton.

Panitia SEA Games 2015 telah menyiapkan kalung tiruan medali untuk dipakai para penonton yang hadir dalam pembukaan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu. 

Tiruan medali tersebut memantulkan cahaya dari sisi tribun penonton sehingga seluruh sisi stadion penuh dengan aneka warna digital.

Selain tarian dan kecanggihan teknologi digital, Singapura juga memperkenalkan maskot SEA Games ke-28 yaitu Sang Nila Utama yang tampak menyerupai singa.

Nila memperkenalkan diri kepada para penonton dengan melakukan terjun payung dan mendarat tepat di dekat tribun timur stadion yang terletak di Kallang Singapura itu.

Dari sisi luar, pembukaan SEA Games 2015 juga tampil meriah dengan pertunjukan kembang api beraneka warna.

Sebanyak 11 negara-negara ASEAN yang terbagi dalam 11 kontingen turut hadir dan mengikuti kejuaraan 36 cabang olahraga yang diselenggarakan sejak 29 Mei itu.

SEA Games di Singapura mempertandingkan 36 cabang olahraga yaitu anggar, atletik, bulu tangkis, balap sepeda, berkuda, biliar dan snooker, bola basket, bola boling, bola voli, dayung, floorball, golf, hoki, judo, loncat indah, netball, menembak, dan panahan.

Kemudian, pencak silat, petanque, polo air, renang, renang indah, rugby, perahu kano, perahu layar, perahu naga, senam, sepak bola, sepak takraw, ski air dan wakeboard, sofbol, squash, taekwondo, tenis, tenis meja, tinju, triathlon, dan wushu.

Panitia SEA Games 2015 Singapura telah menyelenggarakan lima cabang olahraga meskipun pembukaan secara resmi baru berlangsung pada Jumat (5/6) malam.

Lima cabang olahraga yang telah diselenggarakan yaitu anggar, netball, renang indah, sepak bola, dan tenis meja.

Sebelas kontingen yang mengikuti SEA Games 2015 yaitu kontingen Brunei Darussalam, Pilipina, Indonesia, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Laos, Singapura, Thailand, Timor-Leste dan kontingen Vietnam.

Kontingen Indonesia sementara menempati posisi keenam SEA Games 2015 dengan tiga medali perunggu. Ketiga medali perunggu itu diraih tim renang indah Indonesia pada nomor team free routine, duet free routine, dan team free combination.

Kontingen Indonesia berkekuatan 522 atlet dan 226 pelatih untuk 32 cabang olahraga kecuali netball, rugby, floorball dan triathlon.

Selain kekuatan kontingen, Indonesia juga mengirim 46 wasit Indonesia yang akan bertugas di Singapura untuk mendukung penyelenggaraan SEA Games 2015. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi