Olahan Limbah Durian Jadi Tepung Bergizi

Pekanbaru, (Analisa). Seorang dosen di Provinsi Riau, Besti Verawati, mela­lui penelitiannya berhasil mengo­lah limbah biji durian menjadi tepung yang memi­liki kan­dung­an protein yang baik untuk dikonsumsi bayi kurang gizi dan bahan pangan lainnya.

“Setelah saya mendapat hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM mengenai formulasi tepung biji durian melalui pene­litian yang saya lakukan, saya melanjutkan de­ng­an me­ngem­bangkan ola­­han maka­nan ber­ba­han dasar tepung biji durian kare­na kandungan gizinya yang bagus,” kata Besti Verawati, Rabu (7/11).

Ia melakukan penelitian ter­sebut di Universitas Pah­lawan Tuanku Tambusai di Kabupaten Pelalawan, Riau. Besti juga menjadi dosen S1 Gizi di universitas tersebut. Ia mengatakan terdorong un­tuk melakukan penelitian ter­sebut setelah melihat ban­yak­­nya limbah biji du­rian, yang mengundang ba­nyak serang­ga ketika musim duri­an di Kabupaten Kam­par.

Dalam penelitian itu, dia menyimpulkan bahwa kan­dungan di tepung biji durian sangat baik dikonsumsi un­tuk balita gizi kurang (under­weight) karena kan­du­ngan pro­tein yang tinggi diban­ding­kan tepung pada umum­nya. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi