IMO Diikuti 600 Siswa Seluruh Dunia

Bukares, (Analisa). Edisi ke-59 Olimpiade Matematika Internasional (IMO) diluncurkan, Senin (9/7), di Kota Cluj-Napoca di Romania Barat, dengan diikuti lebih 600 siswa sekolah menengah terbaik di dunia matematika.

Ahli Matematika Inggris Geoff Smith, Presiden Dewan IMO, mengatakan pada pembukaan bahwa Romania adalah ibu pertiwi Olimpiade Matematika Internasional, sebab negeri itu telah menggagas dan menyelenggarakan edisi pertama pada 1959.

“Sebagai anak yang baik, itu (IMO) harus menemui orang tuanya," kata ahli matematika yang berusia 65 tahun secara bergurau. Ia menegaskan kegiatan tersebut adalah pengalaman unik dan kesempatan langka untuk menghubungkan persahabatan dan meneliti hubungan dengan orang-orang yang luar biasa dari seluruh dunia.

Presiden Romania Klaus Iohannis, yang menghadiri upacara pembukaan, menggaris-bawahi bahwa suatu kehormatan bagi negerinya untuk memiliki kesempatan membuktikan kepada seluruh dunia komitmennya dan keterbukaan ke arah pengetahuan, ilmu dan kerja sama internasional pada tahun Romania merayakan 100 tahun persatuan nasional.

"Cara terbaik untuk merayakan keberhasilan besar masa lalu ialah membangun masa depan yang kokoh buat generasi muda. Tak ada cara yang lebih cocok untuk melakukan ini selain penanaman modal di bidang pendidikan, kerja sama lintas perbatasan dan pemba­ngunan yang bereklanjutan," kata Iohannis, sebagai­mana dikutip Xinhua pada Senin siang. Ia berharap Romania bisa menjadi tujuan menarik bagi penelitian di bidang matematika dan ilmu pengetahuan.

IMO adalah Olimpiade ilmu pengetahuan yang ter­besar, tertua dan paling bergengsi buat murid sekolah. Sejarah IMP berawal dari 1959, ketika edisi pertama diselenggarakan di Brasov, Romania Tengah, dengan diikuti tujuh negara --Romania, Hongaria, Bulgaria, Polandia, Cekoslowakia, Jerman Timur dan USSR.

Tahun ini, Romanua menjadi tuan rumah acara itu untuk ke-6 kali. Romania dan Bulgaria adalah dua negara yang selalu mengikuti semua edisi tanpa gang­guan.

Menurut peraturan kompetisi, masing-masing negara dapat mengirim satu tim yang terdiri atas enam siswa sekolah menengah atau per orangan yang belum masuk universitas atau setara, hingga tanggal pelaksanaan Olimpiade.

Selama Olimpiade, para peserta harus menyelesaikan, secara per orangan, dua kertas soal dalam dua hari berturut-turut, masing-masing dengan tiga masalah. Olimpiade tersebut akan berlangsung sampai 13 Juli dan upacara penyerahan hadiah akan diselenggarakan. (Ant/Xinhua-OANA)

()

Baca Juga

Rekomendasi