Pencipta Lagu Mars Abdya Tutup Usia

Blangpidie, (Analisa). Pencipta mars Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Fah­mi Ayus (63) yang juga musisi ternama Aceh menghem­bus­kan nafas terakhir, Jumat (24/8) sekitar pukul 20.30 WIB di Puskesmas Manggeng kabupaten setempat.

Pelaku seni yang telah meniti karier hingga ke tingkat na­sional itu merupakan sosok yang tak asing lagi bagi ma­syarakat Abdya, khususnya dan Aceh pada umum­nya.

Jauh sebelum Abdya mekar dari Kabu­paten Aceh Selatan, Fahmi Ayus sudah ba­nyak berkarya di dunia musik termasuk men­ciptakan beberapa lagu lokal yang hits di kalangan ma­sya­rakat setempat hingga sekarang, bahkan salah satu lagu­nya pernah dinyanyikan oleh diva pop tingkat nasional Ruth Sahanaya

Sejak tahun 1975, Fahmi Ayus sudah mu­lai serius me­nekuni musik. Dia terus ber­karya, hingga menciptakan lagu demi lagu. Salah satunya, Mars Abdya, lagu yang kini men­jadi hymne wajib Kabupaten Ab­dya. Dalam lagu itu Fahmi mengajak se­luruh generasi membangun bumi Persada Ab­dya.

Sabri, keluarga almarhum, Sabtu (25/8) me­ngatakan,  Fah­mi Ayus berpulang Ke­rah­matullah pada Jumat malam  akibat me­ngalami komplikasi penyakit diabetes, stroke dan darah tinggi selama beberapa tahun terakhir. Kondisinya te­rus menurun dan pihak keluarga langsung melarikan al­marhum ke Puskesmas terdekat.

Fahmi Ayus mulai menunjukkan tanda-tan­da sakit pada tahun 2017 lalu. Hal itu dipicu karena usianya yang sudah masuk 63 tahun. Pihak keluarga, memakamkan je­nazah al­marhum di tempat pemakaman umum (TPU) Kompleks Mas­jid Ayah Ga­deng, Desa Tengah, Kecamatan Mang­geng.

Sabri sedikit mengulang rekam jejak al­marhum.  Fahmi Ayus pernah menjadi guru kesenian di Sekolah Dasar (SD) Negeri Mang­geng. Selanjutnya, almarhum juga pernah ber­ki­prah di sejumlah satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) dengan berbagai jabatan. Almarhum juga menjadi anggota Majelis Adat Aceh (MAA) Abdya di bidang kesenian. (ags)

()

Baca Juga

Rekomendasi