Andy Murray Pensiun Usai Australia Terbuka

andy-murray-pensiun-usai-australia-terbuka

Melbourne, (Analisa). Australia Terbuka 2019 ke­mungkinan besar jadi turna­men grand slam terakhir Andy Murray. Murray berniat gan­tung raket setelah itu.

Keputusan itu tak lepas dari cedera yang membebat Murray dalam dua tahun terakhir. Mu­r­ray mengalami masalah di ping­gul yang membuatnya ha­rus menjalani operasi dan ha­nya bermain 12 kali sepanjang 2018.

Padahal di awal 2017, Mur­ray adalah petenis nomor satu dunia namun problem pinggul yang muncul kala itu jadi awal mula performanya menurun dan membuatnya sempat ter­lempar keluar dari ranking 800 besar dunia.

Memasuki tahun 2019, Mur­ray yang kini berperingkat 230 dunia rupanya belum sepe­nuhnya lepas dari cedera ping­gul. Hal ini membuat Murray akhirnya memutuskan pensiun lebih cepat.

Australia Terbuka yang sudah dimulai 7 Januari lalu bakal jadi ajang terakhir dalam karier profesional Murray. Pe­tenis 31 tahun itu akan me­ng­hadapi Roberto Bautista di ba­bak pertama.

"Saya tidak merasa enak. Sa­ya sudah lama bergelut de­ng­an cedera ini.. Saya tidak ya­kin apakah bisa bermain de­ngan rasa sakit ini untuk empat-lima bulan ke depan," ujar Mur­ray dengan emosional me­ngumumkan rencana pensiun­nya.

"Saya sudah melakukan se­galanya yang saya bisa agar pinggul ini lebih baik, tapi itu tidak membantu sama sekali... Saya rasa Australia Terbuka bakal jadi turnamen terakhir saya," sambungnya seperti di­kutip Yahoosports, Jumat (11/1).

Murray adalah petenis Ing­gris Raya terbaik di era terbuka setelah Fred Perry. Debut pro­fesional pada tahun 2005, Mur­ray punya tiga gelar grand slam, yakni dua Wim­bledon (2013 dan 2016) serta AS Ter­buka (2012).

Memiliki rekor menang-kalah, 663-190, Murray sebe­nar­nya masih ingin tampil di Wimbledon terakhirnya mu­sim panas nanti. Meski hal itu masih menunggu perkembang­an kondisi fisiknya.

 "Saya sebenarnya ingin pen­siun saat Wimbledon, tapi saya tidak yakin bisa melaku­kannya," demikian Murray. (dtc)

()

Baca Juga

Rekomendasi