Israel Lindungi Yahudi Masuki Masjid Aqsha

israel-lindungi-yahudi-masuki-masjid-aqsha

Jerusalem, (Analisa). Polisi Israel, Rabu (9/10), mengganggu warga Muslim yang sedang shalat di kompleks Masjid Al-Aqsha di Jerusalem Timur un­tuk melindungi kunjuvz2ngan pro­vokatif oleh Yahudi fanatik ke tempat suci umat Muslim itu.

Beberapa pejabat dan saksi mata Palestina mengatakan polisi memeriksa identitas orang Pales­tina yang akan shalat saat mereka memasuki kompleks tempat suci yang dikelilingi tembok untuk melaksanakan menunaikan iba­dah harian.

Polisi Israel mengusir orang yang sedang shalat di daerah Bab Ar-Rahmah dari kom­pleks terse­but untuk mengizinkan kunjungan tanpa hambatan oleh puluhan orang Yahudi fanatik, termasuk seorang menteri kabinet dan seorang rabbi ekstremis.

Para pejabat mengatakan kaum Yahudi fanatik tersebut mela­kukan ritual Yahudi di lokasi tersebut, dalam pelanggaran terhadap peraturan kunjungan buat orang non-Muslim, demikian laporan Kantor Berita Palestina, WAFA pada Rabu.

Kunjungan oleh kaum fanatik yang menganjurkan penghancuran masjid Al-Aqsha dan menggan­tinya dengan kuil Yahudi biasanya meningkat selama liburan Yahudi. Polisi menemani kaum fanatik dalam kun­jungan mereka dan memaksa orang Muslim menjauh dari jalan mereka, yang meliputi Bab Ar-Rahmah, yang juga dikenal dengan nama Gerbang Emas.

Sementara itu, Kementerian Urusan Agama dan Waqaf di Pemerintah Otonomi Nasional Palestina dengan keras mengecam peningkatan penyusupan dan pelanggaran terhadap kesucian Masjid Al-Aqsha oleh kaum Yahudi fanatik. Kementerian itu mem­pe­­ringatkan kaum Yahudi fanatik berusaha mengubah komplek Masjid Al-Aqsha menjadi daerah Yahudi. (Ant/WAFA)

()

Baca Juga

Rekomendasi