Pdt Yatos Groho Terpilih sebagai Ketua

pdt-yatos-groho-terpilih-sebagai-ketua

Kisaran, (Analisa). Pdt Yatos Groho STh dari GKI ter­pilih sebagai Ketua Umum Badan Mu­syawarah Antargereja (BAMAG) Ka­bupaten Asahan periode 2019-2023 da­lam Musyawarah Besar (Mubes) ke-5 di Gereja Methodist Indonesia (GMI) Maranatha Kisaran, Senin (11/11).

Selain itu, Pt Em M Ginting SE dari GBKP Runggun Kisaran sebagai Se­kre­taris Umum dan dr Riana Minerva Br Sibarani dari HKBP Kisaran Kota sebagai bendahara.

Mubes ke-5 kali ini membahas ran­ca­ngan dan perubahan AD/ART BA­MAG serta dihadiri Praeses HKBP Distrik XIII Asahan-Labuhan Batu Pdt B Manik MTh, Kemenag Asahan, penasehat dan unsur BPH BAMAG Asahan dan perwa­kilan setiap gereja se-Asahan.

Kemenag Asahan dalam hal ini di­wakii Marintan Simanjuntak dan Lusia Saragih dari Bimas Katolik dan Protes­tan dalam sambutannya berharap agar peran BAMAG di Asahan yang sangat strategis dapat menciptakan kerukunan antarumat beragama seka­ligus pem­bina­an kualitas beriman jemaat Kristen.

“Sesuai tema Mubes BAMAG "Ge­re­ja Pembawa Damai (Imamat 26:6) bahwa BAMAG Asahan pembawa damai di tengah-tengah negara kita te­ru­tama di Kabupaten Asahan. BA­MAG merupakan wadah pertemuan berko­munikasi di antara masyarakat Kristia­ni, yang menyatupa­dukan pemikiran strategis masing-masing gereja dan satu kerangka kebersamaan sebagai sebuah organisasi. Oleh karena itu kami meng­ha­rapkan jauhkanlah dan singkir­kanlah pemikiran-pemikiran yang intoleransi antargereja,” harap mereka.

Mubes ke-5 tersebut dikoordinir oleh Ketua Panitia Pelaksana sekaligus sebagai pimpinan sidang Nasib Tam­pubolon SH MKn didampingi wakil ketua TR Nainggolan SH MAP dan sekretaris Pdm Lambok Silitonga STh, menyampaikan tata tertib pelaksanaan serta kesimpulan hasil Mubes.

Sebelum musyawarah digelar Pdt B Manik S.Th menyampaikan doa pem­bu­kaan dan Pdt Bremen Girsang STh, doa penutupan. Usai terpilih Pdt Yatos Groho STh bersama Pt Em M Ginting SE dari GBKP Runggun Kisaran sebagai Sekre­taris Umum dan dr Riana Minerva Br Sibarani dari HKBP Ki­saran Kota lang­sung dilantik dan di­ambil sumpah jabatan oleh Pdt Bremen Girsang selaku pendeta tertua. Dengan demikian, maka pengurus yang terpilih diberikan kesempatan melengkapi kepengurusan selambat-lambatnya 1 bulan. (aln)

()

Baca Juga

Rekomendasi