BMPD Aceh Gelar Pasar Murah

bmpd-aceh-gelar-pasar-murah

Banda Aceh, (Analisa). Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat ekonomi me­­ne­ngah ke bawah, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Aceh meng­gelar pasar murah di Banda Aceh, Selasa (21/5). Sebanyak 1.000 paket sembako di pasar­kan di kawasan Ulee Ka­reng dan Pasar Peunayong.

Ketua BMPD Aceh, Zainal Arifin Lubis mengatakan, pasar murah ini juga sebagai bentuk kepedulian perbankan Aceh untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sem­bako dengan harga terjangkau, khususnya di bulan Rama­dan 1440 Hijriah.

“Dalam kegiatan pasar murah ini, BMPD menyediakan 1.000 paket sembako berisi 5 kg beras, 1 kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng dengan harga paket Rp50.000. Paket terse­but tidak dijual secara bebas, namun khusus ditujukan kepada masyarakat golongan menengah ke bawah,” katanya.

Pelaksanaan pasar murah BMPD tersebut, katanya dilaksa­na­kan atas ker­ja sama dengan berbagai pihak, khu­susnya Di­nas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, Bulog Divisi Regional Aceh, camat dan keuchik (kepala desa) setem­pat.

Zainal mengatakan, perbankan merupakan urat nadi pere­konomian di seluruh bangsa. Selain menjalankan fungsi inter­me­diasi yaitu menghimpun dana dari dan kepada masyarakat, perbankan juga berfungsi memperlancar lalu lintas keuangan.

“Berfungsi memperlancar lalu lintas keuangan yang selan­jutnya berperan sebagai penggerak pertumbuhan eko­­nomi su­atu Negara. Pertumbuhan eko­­nomi di Aceh tentunya juga tidak ter­lepas dari peran perbankan,” katanya.

Zainal Arifin yang juga Kepala Bank Indonesia (BI) Perwa­kilan Aceh itu, menyebutkan, kegiatan tersebut se­kaligus seba­gai dukungan kepada pemerintah dalam upaya pengendalian inflasi khususnya di Kota Banda Aceh.

Dalam pembukaan pasar murah ini, dihadiri Kepala Bulog Divre Aceh Sabaruddin Amrullah, Walikota Banda Aceh Ami­nullah Usman, Kepala BPS Aceh Wahyudin dan sejumlah pe­­ja­bat terkait lainnya.

Di lokasi pasar murah di kawasan Ulee Kreng, terlihat ba­nyak warga yang mengantre untuk mendapatkan sembako murah. Untuk mendapatkan pa­ket sembako itu, terlebih da­hulu di­berikan kupon kepada masyarakat.

Kepala Bulog Divre Aceh Sabaruddin Amrullah mengata­kan, dalam men­jaga stabilisasi harga, efektif dilaksanakan pa­sar murah. Sebab, ma­syarakat bisa mendapatkan sembako dengan harga di bawah harga pasar.

“Pasar murah ini menurut hemat ka­mi sangat efektif. Ka­rena masyarakat bisa medapatkan langsung harga kebutuhkan pokok dengan harga 40 persen di bawah pasar,” ujarya. (bei)

()

Baca Juga

Rekomendasi