Serangan Koalisi di Yaman, Sembilan Tewas

serangan-koalisi-di-yaman-sembilan-tewas

Sanaa, (Analisa). Setidaknya sembilan warga sipil tewas akibat serangan udara di timur kota ketiga Taiz di Ya­man. Dua di antara korban ialah anak-anak.

Dilansir dari Aljazeera, sera­ngan udara di distrik Mawiya, Jaiz, ini dilakukan koalisi pimpi­nan Arab Saudi-Uni Emirat Arab (UEA).

Seorang dokter di rumah sakit Al-Thawra mengata­kan kepada kantor berita AFP, Minggu (26/5) serangan udara ini dilakukan koalisi militer pimpinan Saudi.

Dokter yang tak mau disebut­kan namanya itu mengatakan se­jumlah orang lainnya terluka.

Pemberontak Houthi lewat kantor berita Saba mengatakan se­rangan udara itu menghantam sebuah pompa bensin.

Kota Taiz diketahui dikepung oleh pemberontak Houthi tetapi dikendalikan oleh pasukan pro-pe­merintah Yaman, yang di­du­kung oleh koalisi militer yang dipimpin oleh Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Sebanyak enam orang korban dimakamkan di ibu kota Sanaa. Mereka merupakan empat sau­dara kandung yang tewas dalam serangan udara yang terjadi pekan lalu.

Dua petugas kesehatan Rusia terluka dalam serangan yang sa­ma.

Keluarga, teman dan tetangga membawa peti mati ke masjid untuk melakukan salat terakhir.

"Empat saudara lelaki saya ter­bunuh," kata Osamah al-Surmi. "Adikku Siham, saudara-sauda­raku Abdulrahman, Khaled dan Wasim. Ayah dan aku adalah satu-satunya yang selamat. Kami di sini untuk menguburkan mere­ka. Rumah kami hancur," tam­bahnya.

PBB menyebut konflik empat tahun di Yaman ini sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Ada lebih dari 24 juta orang atau lebih dari dua pertiga populasi membutuhkan bantuan. Puluhan ribu orang, sebagian besar warga sipil, terbunuh. (Ant/AFP)

()

Baca Juga

Rekomendasi