Hari Kedua Kunjungan ke Jepang

Trump-Abe Berdiplomasi Golf

trump-abe-berdiplomasi-golf

Tokyo, (Analisa). Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjalankan 'diplomasi golf' dengan Perdana Menteri Jepang Menteri Shinzo Abe, di hari kedua kunjungannya di Jepang. Diplomasi ini bertujuan untuk melicinkan diskusi soal hu­bungan dagang, utamanya terkait komoditas daging sapi.

Seperti dilansir Reuters, Ming­gu (26/5), Trump disebut tidak se­nang dengan surplus neraca perdagangan Jepang yang tinggi. Sehingga, dia mempertimbang­kan untuk menaikkan tarif tinggi pada ekspor mobil, apabila per­janjian perdagangan bilateral tak menemui kata sepakat.

Seperti diketahui AS dan Tiongkok saat ini sedang terlibat dalam perang dagang yang telah menggempur pasar keuangan dunia.

"Kemajuan besar dibuat da­lam negosiasi perdagangan kami dengan Jepang. Pertanian dan da­ging sapi dalam permainan, "tweet Trump usai tiba kembali ke Tokyo.

"Banyak yang akan menunggu sampai setelah pemilihan Juli me­reka di mana saya mengantisipasi sejumlah besar," lanjutnya.

Di lapangan golf, Trump dan Abe tampak tersenyum kompak ke arah fotografer. Trump mema­kai sweater merah sementara Abe mengenakan blazer biru dan celana putih.

Lantas, Abe memposting foto selfie di lapangan saat bersama Trump. Abe berharap bisa mem­buat aliansi Jepang-AS semakin tak tergoyahkan.

Burger keju yang terbuat dari daging sapi impor AS juga di­sajikan secara khusus untuk menu makan siang mereka usai ber­main golf. Kementerian Luar Ne­geri Jepang menyatakan dalam pernyataan tertulisnya, Abe dan Trump terlibat dalam diskusi yang bersahabat dan nyaman.

"Mereka memperdalam per­sa­ha­batan mereka di tengah sua­sana yang nyaman," demikian per­nyataan Kemlu Jepang.

Kedua pemimpin juga di­kabarkan, berencana membahas program nuklir dan rudal Korea Utara (Korut). Trump mengata­kan, Minggu (26/5), bahwa dia tidak kha­watir tentang peluncuran rudal baru-baru ini dari Korut dan yakin bahwa pemimpin negara itu, Kim Jong Un, akan menepati janjinya.

Sebelumnya, dalam agenda hari perta­manya di Jepang, Do­nald Trump berencana bertemu Kaisar Naruhito yang baru naik takhta, serta menghadiri perte­muan sumo. (Ant/Rtr)

()

Baca Juga

Rekomendasi