Raih Kursi Mayoritas

Abe Siap Ubah Konstitusi Pasifis Jepang

abe-siap-ubah-konstitusi-pasifis-jepang

Tokyo, (Analisa). Perdana Menteri Jepang Shin­zo Abe menyatakan me­nang da­lam pemilihan dewan perwakilan daerah, Minggu (21/7), dengan mengatakan pemungutan suara menun­jukkan penerimaan atas rencananya untuk menaikkan pa­jak penjualan dan menggelar debat tentang membuat revisi per­tama pada konstitusi pasifis ne­gara itu.

Dengan penghitungan suara ter­akhir belum selesai, Partai De­mo­krat Liberal Abe dan mitranya Komeito telah memenangkan seti­daknya 65 dari 124 kursi yang dipere­butkan, stasiun televisi pu­blik NHK memproyek­sikan.

Mengingat 70 kursi yang mereka pegang di bagian yang tidak ter­bantahkan dari dewan, jumlah ini menjadi mayoritas sederhana dari total 245 kursi.

Media Jepang tidak setuju pada Abe, yang berada di jalur yang akan menjadi perdana menteri terlama Jepang pada bulan No­vember, dan pendukung peruba­han kons­titusi lainnya kemung­kinan akan meme­nangkan dua pertiga mayoritas yang diperlukan untuk mengirim revisi yang di­usulkan untuk sebuah referendum nasional.

"Saya tentu ingin mencoba re­formasi konstitusional selama wak­tu yang tersisa dalam masa jabatan saya," Abe mengatakan kepada Fuji TV tak lama setelah media Je­pang memproyeksikan mayoritas untuk blok penguasa. Perdana menteri mengatakan ke­menangan itu menun­jukkan bah­wa publik menyetujui panduan pemerintahnya tentang ekonomi terbesar ketiga di dunia.

Peningkatan pajak penjualan dimaksudkan untuk membantu mengendalikan beban utang ter­besar di dunia, yang berasal dari peningkatan pengeluaran kese­jahte­raan sosial untuk populasi yang menua dengan cepat di Je­pang. Pemerintah telah menaik­kan pajak dua kali sejak diper­kenal­kan pada tahun 1989, dan kedua kali melihat penurunan eko­nomi.

Meskipun kenaikan pajak ditentang oleh 57% responden pada polling keluar NHK hari Minggu, itu tidak menghentikan jalan partainya menuju kemena­ngan. (Rtr/echo)

()

Baca Juga

Rekomendasi