Paskibraka Sumut Berhasil Kibarkan Bendera Merah Putih

paskibraka-sumut-berhasil-kibarkan-bendera-merah-putih

Analisadaily (Medan) - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sumatera Utara (Sumut) 2019 sukses mengibarkan duplikat bendera pusaka Merah Putih dalam upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, di Lapangan Merdeka, Kota Medan.

Paskibraka yang mengenakan seragam serba putih, yang terdiri dari 66 anggota melangkahkan kaki dengan lantang memasuki lapangan upacara. Perlahan langkah anggota Paskibra pelan tapi pasti membuat rasa kagum bagi para peserta upacara.

Suasana tegang tampak terasa ketika anggota Paskibraka yang bertugas sebagai pembawa bendera menjemput duplikat bendera pusaka Merah Putih dari Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dengan langkah penuh percaya diri, petugas akhirnya berhasil mengambil dan menyerahkan duplikat bendera pusaka Merah Putih kepada anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkannya.

"Bendera siap," teriak petugas pengibar bendera, Sabtu (17/8), yang kemudian disambut suara lantang Komandan Upacara Letkol Rizanul Pohan "Hormat senjata gerak," ucapnya.

Serentak peserta upacara dan tamu undangan mengangkat tangan dan menghormat ke arah bendera. Lagu Indonesia Raya berkumandang untuk mengiringi petugas pengibar bendera.

Perlahan tapi pasti, bendera berkibar di atas tiang serentak dengan akhirnya lagu Indonesia Rayayang diiringi marching band. Komandan Upacara langsung menyiapkan barisan.

"Tegak gerak," teriak Letkol Rizanul yang diikuti peserta dan tamu undangan menurunkan tangan penghormatan.

Paskibraka Sumut kemudian menyiapkan formasi untuk kembali ke tempat semula. Dalam upacara tersebut tidak ada kesalahan dalam pengibaran sang saka Merah Putih. Bahkan saat iringan lagu Indonesia Raya berhenti, bendera tepat berkibar di atas tiang. 

(JW)

Baca Juga

Rekomendasi