Trump Tidak Ingin Berbisnis dengan Huawei

trump-tidak-ingin-berbisnis-dengan-huawei

Morristown, (Analisa). Presiden AS Donald Trump, Senin (19/8), mengatakan  tidak ingin Ame­rika Serikat (AS) berbisnis dengan perusahaan Tiongkok, Huawei, sekali­pun pemerintah memper­timban­gkan apakah akan memperpan­jang masa tenggang buat perusa­haan tersebut.

De­par­te­men Keuangan AS diper­kirakan memperpanjang pen­angguhan hukuman yang diberi­kan kepada Huawei Techno­logies Co Ltd yang mengizinkan perusahaan Tiongkok  itu untuk membeli pasokan dari perusa­haan AS sehingga perusahaan tersebut bisa melayani konsu­men yang ada.

Trump mengatakan kepada warta­wan sebelum naik Air Force One di New Jersey bahwa ia tak ingin berbisnis dengan Huawei kare­na alasan ke­amanan nasional.

"Pada saat ini, kelihatannya seakan-akan kami akan mela­kukan bisnis," kata Trump. "Saya tak mau berbisnis sama sekali sebab ini adalah ancaman keamanan na­sional dan saya benar-benar per­caya bahwa media telah meliputnya agak berbeda dengan itu."

Ia mengatakan ada beberapa bagian kecil bisnis Huawei yang dapat dike­cualikan dari larangan yang lebih luas, tapi itu akan "sangat rumit". Ia tidak mengatakan apakah pemerin­tahnya akan memper­panjang "izin umum sementara".

Direktur Dewan Ekonomi Nasional Larry Kudlow mengata­kan Depar­temen Perdagangan akan memperluas proses perizinan Huawei selama tiga bulan sebagai isyarat "kepercayaan baik" di tengah perundingan dagang yang lebih luas dengan Tiongkok. (Ant/Rtr)

()

Baca Juga

Rekomendasi