Pasar Rakyat Sediakan Penganan Gratis

pasar-rakyat-sediakan-penganan-gratis

Kualasimpang, (Analisa). Usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Lapangan Tribun Alun-alun Kompleks Perkantoran Bupati Aceh Tamiang, warga tidak langsung membubarkan diri. Kon­sentrasi warga bergeser ke sisi kiri alun-alun yakni, halaman samping Kantor Bupati Aceh Tamiang yang penuh dengan stand makanan.

Di tempat ini puluhan stand makanan sudah siap menjamu warga Aceh Tamiang. Siapa saja yang datang langsung disuguhi makanan dan minuman gratis. Stand ini cukup nyaman bagi pengunjung yang ingin men­cicipi, karena dilengkapi kursi dan meja yang terlindung tenda, layaknya tempat pesta. "Ini namanya Pasar Rakyat," kata Bupati Aceh Tamiang H Mursil, Sabtu (17/8).

Bupati menyebut, Pasar Rakyat ini sudah menjadi tradisi rutin Pemkab Aceh Tamiang diadakan setiap HUT RI. Tujuan Pasar Rakyat sehari ini untuk menjamu setiap warga yang berkunjung ke mari. "Ini kan hari kemer­dekaan, rakyat datang untuk menghadiri upacara kenaikan bendera. Ya kita jamu, kita sediakan makanan," lanjutnya.

Stand Pasar Rakyat ini merupakan sumbangsih dari seluruh SKPK Pemkab Atam. Makanan yang disajikan pun beragam, mulai dari menu tradisional hingga nasional.

Nasri, warga Kampung Dalam, Karang Baru yang turut mencicipi penganan di Pasar Rakyat menilai kegiatan ini sebagai silaturahmi warga dengan Forkopimda. Pasalnya unsur Forkopimda juga menyempatkan diri mencicipi makanan dan berbaur dengan rakyat.

"Kalau boleh ke depannya tidak hanya sekadar tatap muka, tapi ada juga kesempatan komunikasi," harapnya.

Pantauan Analisa, prosesi upacara HUT ke-74 RI hingga pengibaran sang saka Merah Putih di Aceh Ta­miang menjadi tontonan tersendiri bagi masyarakat. Kumpulan warga terlihat menyesaki pinggiran Tribun, bahkan di ruas-ruas jalan Kompleks Kantor Bupati sebagai pusat dilangsungkannya upacara.

Teriknya matahari pagi itu tidak menyurutkan niat warga datang ke Lapangan Alun-alun menyaksikan abdi negara hingga siswa berbaris. Warga semakin antusias ketika pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang berpakaian serba putih ini beraksi. Bupati Atam Mursil bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI.

"Momen inikan cuma ada setahun sekali, sayang kalau dilewatkan," kata Juli, warga Desa Bundar, Karang Baru yang membawa dua anaknya. (dhs)

()

Baca Juga

Rekomendasi