Perpusnas Siap Bantu Daerah Kembangkan Pustaka

perpusnas-siap-bantu-daerah-kembangkan-pustaka

Pekanbaru, (Analisa). Pemerintah terus me­nyo­sialisasikan pengadaan per­pustakaan di seluruh daerah. Bahkan pemerintah sudah me­­minta kepada kepala daerah untuk membangun per­pustakaan sampai ke desa-desa.

Pustakawan Ahli Utama Per­pustakaan Nasional, Dra Ad­driati Zain MHum, me­ngatakan sesuai dengan Undang-undang 43 tahun 2007, masyarakat harus men­­­dapatkan hak untuk mem­baca. Termasuk men­da­patkan informasi sampai ke tingkat desa.

“Dengan adanya anggaran desa, tentunya bisa me­lakukan pengembangan per­pustakaan di de­sa,” ka­tanya, Kamis (22/8).

Bahkan Perpustakaan Na­sional (Perpusnas) siap mem­­bantu dengan me­nye­dia­kan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pe­ngem­ba­ngan berbagai per­pus­takaan, di antaranya pem­ba­ngunan gedung re­ha­bilitasi, dan koleksi,” ujar Addriati, pada acara so­sia­lisasi Un­dang-undang No­mor 13 tahun 2019, di Hotel Pa­ngeran Pekanbaru, Kamis (22/8).

Selain untuk pe­ngang­garan pembangunan fisik, pihaknya juga mengadakan pelatihan SDM baik dari Perpusnas dan provinsi.

Untuk program so­sia­lisasi, pihaknya lebih me­nekankan kepada para pe­ner­bit, penulis tentang ke­wajiban dalam me­nye­rahkan hasil terbitan dan rekaman mereka ke per­pustakaan pro­vinsi dan nasional.

“Terbitan bisa hasil karya buku, termasuk surat kabar, majalah, untuk diarsipkan. Tujuannya agar hasil karya anak bangsa bisa ditemukan dan jika diperlukan di lain waktu,” ungkapnya.

Kepala Badan Per­pus­takaan dan Arsip Daerah, Ra­­himah Erna, mengatakan Pemerintah Provinsi Riau telah mengirimkan surat kepada seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota, sampai ke desa-desa untuk langkah itu.

“Masing-masing me­nga­lokasikan anggaran untuk pembangunan per­pus­ta­kaan. Seperti di Inhil ada gedung 6 lantai, Kuansing di­bangun perpustakaan umum,”kata Rahimah.

Termasuk di 1.600 desa yang ada di Riau dibangun melalui anggaran dana desa,.

“Ini sesuai dengan UU 43 tahun 2007 dimana wajib mem­bangun perpustakaan guna mencerdaskan serta membangun SDM unggul dan mandiri,” tambahnya.

Diharapkan dengan me­ningkatkan kualitas dunia perpustakaan, tentunya akan semakin maju dan ber­kem­bang sehingga bisa melayani segala bentuk kebutuhan informasi masyarakat.

“Apalagi saat ini ke­sadaran masyarakat untuk mau mem­baca semakin tinggi, “ujarnya. (pbn)

()

Baca Juga

Rekomendasi