Permintaan Coklat Meningkat

permintaan-coklat-meningkat

Medan, (Analisa). Menurut Euromonitor, konsumsi tahunan coklat per kapita di Indonesia sekitar 300 gram, sementara per­mintaan coklat mening­kat, karena volume penjualan per­men coklat tumbuh 3,4% pada 2018.

Barry Callebaut Group, produsen coklat  atau kakao ber­kua­litas tinggi terkemuka di dunia, Jumat (23/8) mengu­mumkan, telah resmi memproduksi coklat di pabrik coklat mereka yang kedua di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Indonesia. Pabrik ini mengadopsi konsep Plant in Plant atau 'pabrik di dalam pabrik'. Di mana mereka mengintegrasikan fasilitas produksi di lokasi pabrik pelang­gan­nya dalam hal ini pabrik biskuit Rancaekek milik Garudafood.

Pengumuman ini disampaikan pada saat peresmian pabrik yang dihadiri Ridwan Ka­mil Gubernur Jawa Barat, Ben De Schryver Presiden Barry Callebaut Asia Pacific dan Hardianto Atmadja, CEO PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. Pabrik terbaru di Asia itu, hasil dari penan­datanganan perjanjian pasokan coklat jangka panjang pada November 2018 dengan Garudafood, salah satu perusa­haan ma­kanan dan minuman terbesar di Indonesia.

Nilai investasi pabrik ini mencapai CH­F2,8 juta atau senilai Rp40 miliar. Sebe­lumnya, perusahaan itu, telah membuka pabrik coklat pertamanya di Gresik (800 km sebelah timur Jakarta pada Oktober 2016.

“Pabrik coklat kedua kami di Indonesia mempertegas komitmen kami terhadap negara ini. Kami akan terus berinvestasi di sisi manufaktur dan menawarkan produk-produk baru kepada pelanggan. Kami sangat senang dengan hubungan lama dengan Garudafood dan potensi pasar confectioneries di Indonesia,” kata Ben De Schryver, Presiden Barry Callebaut Asia Pasifik.

Hardianto Atmadja, CEO PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk mengatakan, kolaborasi dengan Barry Callebaut yang dimulai pada 2015, salah satu strategi inovasi terbuka Garudafood dalam mendukung industri 4.0. Aktivitas perusahaan yang luas di Indonesia tersebut, berkontribusi pada perekonomian negara ini dan juga mendukung pencapaian Garudafood dalam memproduksi berbagai produk inovatif, terutama produk coklat yang memiliki nilai tambah bagi konsumen di Indonesia dan luar negeri.

Barry Callebaut dan Garudafood telah berkolaborasi dalam berbagai inovasi dan berencana untuk mengem­bangkan produk baru yang akan memenuhi pasar coklat Indonesia yang terus berkembang. (rel/iqb)

()

Baca Juga

Rekomendasi