Jenazah Mugabe Diterbangkan ke Zimbabwe

jenazah-mugabe-diterbangkan-ke-zimbabwe

Harare, (Analisa). Jenazah penguasa kawakan Zimbabwe Robert Mugabe diter­bangkan ke ibukota Harare, tempat jenazah itu akan disema­yamkan selama beberapa hari di lokasi-lokasi bersejarah sebelum dike­bumikan di lokasi yang masih bel­um diputuskan karena ada friksi antara keluarga mantan pemimpin itu dengan pemerintah.

Mugabe, seorang pemimpin gerilya yang memimpin Zimbab­we sejak meraih kemer­dekaan dari Inggris dan berkuasa selama 37 tahun hingga digulingkan pada 2017, meninggal dunia pada Jumat (6/9) dalam  usia 95 tahun.

Kesehatan Mugabe menurun sejak dia digulingkan militer dan mantan pendu­kung­nya pada No­vember 2017, mengakhiri masa pe­merintahan yang berujung pada hancur­nya perekonomian Zim­bab­we.

Keluarga dan pejabat peme­rintah Zim­babwe datang ke Si­ngapura, tempat Mugabe me­ninggal dunia setelah menjalani pera­watan selama beberapa bulan.

Sebuah mobil berwarna putih yang mem­bawa jenazah Migabe meninggalkan rumah duka di­dam­pingi polisi bersepeda motor. Pejabat Zimbabwe yang da­tang ke Si­ngapura termasuk Wakil Presiden Kembo Mohadi yang tiba pada Selasa (10/9).

Setibanya di Zimbabwe, jen­azah Mugabe akan dibawa ke desa kelahirannya di Kuta­ma, Distrik Zvimba, yang berada di barat Ibu Kota Harare. Pada Kamis (12/9) dan Jumat (13/9), jena­zah Mugabe akan disamayamkan di Sta­dion Rufaro di Harare untuk memberi kesem­patan bagi warga Zimbabwe untuk memberikan peng­hormatan ter­akhir.

Upacara pemakaman Mugabe akan di­gelar pada Sabtu (14/9) di Stasion Nasional yang berkapa­sitas 60 ribu tempat duduk di Harare. (AP/es)

()

Baca Juga

Rekomendasi