Kabut Asap di Bandara Silangit, Satu Pesawat Gagal Mendarat

kabut-asap-di-bandara-silangit-satu-pesawat-gagal-mendarat

Analisadaily (Medan) - Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1296 tujuan Bandara Internasional Silangit, Tapanuli Utara gagal mendarat karena kabut asap. Sehingga, kembali ke Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Kamis (19/9) pagi.

Salah seorang penumpang pesawat, Sugi mengatakan, para penumpang yang berada di dalam pesawat itu harus berbalik ke Bandara Kualanamu karena kabut asap. "Tadi diumumkan karena jarak pandang tidak memungkinkan, jadi kami kembali ke Bandara Kualanamu," kata Sugi.

Sugi menjelaskan, pesawat mereka berangkat dari Kualanamu sekitar pukul 7.30 WIB, tapi saat akan mendarat di tujuan, awak kabin mengumumkan, mereka harus kembali mendarat di Bandara KNIA karena alasan jarak pandang.

"Makanya ini sudah kembali ke Kualanamu, kami masih disini sambil menunggu pengumuman," jelasnya.

Manager of Branch Communication & Legal Bandara Kualanamu, Wishnu Budi Setianto, membenarkan adanya gangguan penerbangan akibat kabut asap di Bandara Silangit.

Jarak pandang yang sangat rendah membuat maskapai penerbangan memilih untuk kembali mendarat di Kualanamu demi keselamatan penumpang.

"Kami sudah mendapat informasi dari Bandara Silangit, visibilitas atau jarak pandang di sana sangat rendah dibawah 700 meter. Jadi itu memang tidak memungkinkan untuk mendarat. Pertimbangannya tentu demi keselamatan penumpang," ujar Wisnu.

Wishnu menjelaskan, di Kualanamu sendiri, tidak ada masalah penerbangan. Selain karena jarak pandang yang masih normal, sistem navigasi juga menurutnya turut memberi andil dalam membantu aktifitas penerbangan.

"Relatif tidak ada masalah, yang sering ada masalah dalam kondisi seperti ini di bandara-bandar tujuan," jelasnya.

(JW)

Baca Juga

Rekomendasi