Saat Lampu Mati

Sosialisasi Termasuk Hal Bisa Kita Dilakukan

sosialisasi-termasuk-hal-bisa-kita-dilakukan
APABILA listtik mati, pasti semua orang menggerutu, terutama pihak-pihak yang segala aktivitasnya menggunakan listrik. Mati lampu tidak otomatis membuat kita tidak bisa melakukan kegiatan. Ada banyak hal yang masih bisa kita lakukan selama menunggu listrik kembali normal. 

Seperti yang terjadi belum lama lama ini di pulau Jawa, dimana  listrik mati secara massal.   Karena kita tidak tahu  kapan listrik akan mati, sebaiknya kita menyiapkan segala macam hal yang diperlukan. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan bila  listrik padam: 

- Cabut Kabel Alat Elektronik

Hal yang dapat Anda lakukan apabila listrik di rumah padam adalah mencabut semua kabel alat elektronik dari colokan listrik. 

Ketika listrik mati, semua alat elektronik pastinya akan mati. Ketika listrik kembali menyala, semua alat elektronik yang terhubung dengan colokan, akan otomatis menyala. Ini bisa menyebabkan kerusakan bukan hanya pada alat elektronik, tapi juga sekring rumah. 

Penting bagi Anda untuk mencabut sementara semua kabel dari colokannya. 

- Beli Air dan Makanan

Kita jadi sulit melakukan kegiatan sebagaimana mestinya. Mau memasak makanan susah, dispenser air elektrik juga tak bisa dipakai. Jika sudah demikian, tak ada hal lain yang bisa dilakukan selain membeli makanan dan minuman di luar.

Perlu diingat meski rumah mati lampu, mini market berkemungkinan tetap menyala karena biasanya mereka memiliki genset. Kebutuhan makanan dan minuman tidak bisa dilupakan karena dua  hal tersebut adalah  dua  hal penting untuk bertahan hidup. 

Dengan memperkirakan seberapa lama lampu akan mati, belilah makanan dan minuman yang cukup untuk bertahan dalam waktu selama itu.

- Persiapkan Uang Tunai

Sekarang ini bayar apapun menggunakan kartu atau aplikasi. Terlihat lebih aman dan simpel. Tapi ada momen dimana kenyamanan ini akan terganggu  dengan pemadaman listrik mendadak. Ketika terjadi pemadaman listrik, semua pembayaran elektronik seperti itu akan mengalami gangguan.

Memang pembayaran menggunakan kartu dan pembayaran online terlihat sangat simpel, tapi tetap jangan lupakan siapkan uang tunai. Di saat-saat listrik mati seperti yang terjadi belum lama ini, keberadaan uang tunai di tangan menjadi sangat berguna. Anda bisa pergi membeli makanan dan minuman untuk stok makanan dan membayarnya dengan uang tunai.

- Menyalakan Lilin/Lampu Senter

Lampu padam, hal pertama yang pasti akan kita lakukan adalah mencari sumber cahaya pengganti lampu. Pengganti cahaya tersebut bisa didapatkan dengan menyalakan lilin atau juga lampu senter. 

Karena kita tidak tahu kapan akan terjadi pemadaman listrik, ada baiknya di rumah selalu sediakan lilin dan lampu senter.

Lilin bisa  Anda nyalakan dan letakan di tempat gelap. Namun usahakan meletakannya jauh  dari barang-barang yang mudah terbakar.  Untuk lampu senter, siapkan baterai cadangan bila And a masih menggunakan lampu senter yang bertenagakan baterai. 

- Mendengarkan Radio

Mati lampu memang menyebalkan. Kita tidak bisa menikmati acara televisi, main komputer, ataupun main  gadget kesayangan.  

Smartphone kita saat ini sudah didukung fitur radio dimana kita tetap bisa mendengarkan lagu dan berita dari radio. Ketimbang menggunakan smartphone untuk memutar lagu atau memainkan games, lebih baik gunakan untuk menyalakan radio dan mendengarkan berita dari sana. 

-  Sosialisasi

Zaman sekarang semua orang pasti punya smartphone. Dan mayoritas, smartphone ini sangat sulit jauh dari kita. Saking eratnya smartphone dengan manusia, ketika berkumpul dengan teman atau keluarga, bukannya berbicara dengan satu sama lain, pasti ada saja orang yang lebih memilih menyibukkan diri dengan smartphonenya.

Di saat listrik mati, sudah saatnya kita melepas smartphone dan gadget kita lainnya dan mulai bersosialisasi. Sosialisasi dengan manusia sebenarnya tanpa perantara benda mati. 

Percayalah, berbicara satu dengan yang lain tanpa ketergantungan dengan smartphone itu adalah hal yang menyenangkan. Manusia adalah makhluk sosial, sudah seharusnya kita bersosialisasi juga dengan orang lain.

- Pergi ke Mall

Sungguh sangat menyebalkan bila rumah mengalami mati lampu.   Jangan marah dan stres, meski rumah Anda mati lampu dan Anda tidak punya genset, Anda bisa pergi ke tempat lain dimana listrik masih berfungsi dengan baik. 

Tempat tersebut adalah mall. Tidak mungkin mall mengalami mati lampu. 

Kalau sampai mall mengalami mati lampu, tak terhitung berapa kerugian yang mereka dapatkan. Maka dari itu setiap mall pasti memiliki genset. Lebih baik Anda pergi mencari udara sejuk dan hiburan ke mall saat terjadi pemadaman listrik. (tpc/tst/es)

()

Baca Juga

Rekomendasi