Ketua KPU Rusia Diserang

ketua-kpu-rusia-diserang

Moskow, (Analisa). Ketua Komisi Pemilihan Umum Rusia, EllaPamfilova, diserang oleh seorang laki-laki ber­topeng di rumahnya di ping­giran ibu kota Moskow.

Polisi mengatakan laki-laki menyerang Pamvilova dengan alat kejut listrik, namun tidak meng­alami luka yang serius dan ia terlihat menghadiri acara di Mos­kow beberapa jam kemu­dian.

Kepada para wartawan, Pam­vilova mengatakan, "Saya sela­mat." Tayangan televisi menun­jukkan tidak terlihat bekas luka di badannya.

Polisi mengatakan, Minggu (8/9), pelaku memukul korban dengan alat kejut listrik beberapa kali se­belum melarikan diri.

Polisi mengatakan laki-laki itu memaksa masuk ke rumah me­lalui jendela. Polisi menduga laki-laki tersebut adalah pencuri.

Belum dipastikan apakah ke­jadian ini murni "pencurian yang ber­ubah menjadi serangan" atau ada motif lain. Polisi sendiri me­ngatakan sudah memulai penye­lidikan atas kasus ini.

Namun pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny, dalam unggahan di Twitter mengatakan insiden di rumah ketua KPU Rusia ini adalah "hoaks yang ditujukan sebagai pengambilalihan isu".

Navalny mengklaim insiden ini untuk "mengalihkan perhatian dari rencana melakukan kecura­ngan" di pemilu lokal.

Pemungutan suara untuk me­milih anggota parlemen untuk kota Moskow ini dikritik karena komisi pemilihan melarang calon-calon independen.

Beberapa pejabat, termasuk Pamvilova, mendukung pelara­ngan calon-calon independen dengan alasan "tanda tangan orang-orang yang mendukung ca­lon independen tidak sah".

Keputusan ini memicu krisis dengan digelarnya aksi unjuk rasa besar-besaran mendesak di­bolehkannya calon independen di pemilu lokal.

Dalam unjuk rasa ini beberapa orang ditahan dan mereka dijatuhi hukuman penjara setelah dinya­takan "menyerang polisi". (Ant/AFP)

()

Baca Juga

Rekomendasi