Seorang Penumpang Pesawat Terbang yang Tiba di Sorong Positif Covid-19

Seorang Penumpang Pesawat Terbang yang Tiba di Sorong Positif Covid-19
Petugas keamanan penerbangan menggunakan helm thermal KC wearable untuk memantau suhu tubuh calon penumpang pesawat di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (25/6/2020). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Analisadaily.com, Sorong - Seorang penumpang pesawat terbang Garuda Indonesia yang tiba di Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, diketahui positif Covid-19.

Dilansir dari Antara, Minggu (28/6), hal itu diketahui oleh petugas bandara saat dilakukan pemeriksaan dokumen kesehatan pada Sabtu (27/6).

Hasil tes usap penumpang berinisial WY, siswa Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) asal Kabupaten Sorong Selatan, yang dikeluarkan oleh Laboratorium Kesehatan pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat tertulis positif Covid-19.

Koordinator Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan Bandara Domine Eduard Osok, dr Farida Tariq mengatakan, penumpang tersebut diketahui positif Covid-19 saat dilakukan pemeriksaan dokumen kesehatan, saat turun dari pesawat Garuda Indonesia GA 682 pukul 06.20 WIT.

“Setelah diketahui hasil tes usap positif, penumpang tersebut langsung dibawa ke ruang isolasi Bandara Domine Eduard Osok Sorong untuk ditangani lebih lanjut,”katanya.

Karantina Kesehatan Pelabuhan langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Sorong yang tergabung dalam tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menjemput penumpang tersebut, sesuai protokol melalui pintu belakang bandara.

Dijelaskannya, setiap penumpang yang naik dari Bandara Soekarno-Hatta tetap dilakukan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan. Kemungkin banyak penumpang, dan petugas kesehatan Karantina Kesehatan Pelabuhan, terbatas sehingga petugas kewalahan.

“Sedang ditelusuri, karena sesuai mekanisme hasil tes usap yang diketahui positif, tidak diberikan kepada calon penumpang,” sebutnya.

Penumpang tersebut untuk sementara dilakukan karantina di Gedung Diklat Kampung Salak menunggu dijemput oleh Gugus Tugas Sorong Selatan, karena yang bersangkutan adalah warga Sorong Selatan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi