Pertanian UMSU Sosialisasikan Manfaat Buah Seri untuk Pakan Burung

Pertanian UMSU Sosialisasikan Manfaat Buah Seri untuk Pakan Burung
Fakuktas Pertanian UMSU melakukan Pengabdian masyarakat untuk mensosialisasikan pembuatan Pakan Kicau Organik dari Buah Ceri di Jalan Karya selamat Kecamatan Medan Johor, minggu (28/6). (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Fakuktas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melakukan Pengabdian masyarakat, terkait sosialisasi pembuatan Pakan Kicau Organik dari Buah Ceri di Jalan Karya selamat Kecamatan Medan Johor, minggu (28/6).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk melihat semakin hari semakin bertambah banyak penggemar burung berkicau di kawasan itu.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang telah didanai oleh UMSU melalui lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat," kata Sekretaris prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UMSU, Akbar Habib.

Kegiatan ini merupakan pekerjaan berkelompok, dimana Akbar Habib selaku ketua, dengan anggota Wan Arfiani Barus dan Wildani Lubis yang juga merupkan civitas akademika di Fakultas Pertanian UMSU. Tak hanya tenaga pengajar, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa.

Habib juga menuturkan bahwa kegiatan ini mereka lakukan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa buah Seri juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan untuk burung.

"Ternyata banyak manfaat buah seri yang ternyata bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pakan racikan organik, apalagi semakin meningkatnya jumlah penggemar burung berkicau di kawasan Medan Johor," tuturnya.

Habib mengatakan, kepada peternak dan penghobi agar mereka mampu membuat pakan racikan sendiri dengan bahan yang mudah didapat mudah murah dan aman dikonsumsi untuk burung berkicau.

"Semoga ini bisa menjadi alternatif usaha yang dapat bersaing dengan pakan berkicau lainnya. Bahkan mungkin dengan pakan berkicau pabrikan. Jika melihat kebiasaan para penghobi burung berkicau yang selalu mencari formula untuk burung kontesnya dari buah ceri ini berpeluang besar untuk dilirik," terangnya.

"Ke depannya seri tidak lagi menjadi tumbuhan namun menjadi tanaman komersil yang banyak dimanfaatkan oleh orang banyak, sebagai penghasilan baru bagi peternak dan bagi yang ingin mengembangkan usaha pakan racikan," sambungnya.

Sementara itu, warga setempat Agus Suroso yang merupakan Pengurus Nirwana Bird Club menyambut baik apa terkait pemanfaatan buah seri tersebut.

"Karena tujuannya ingin mengkomersilkan buah seri. Dari sisi ekonomis, buah seri belum dimanfaatkan dengan baik. Diperjual belikan pun tidak. Jadi, harapannya ke depan buah ini bisa dibudidayakan dan menjadi buah yg bernilai ekonomis buat kami," tambahnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi