Ribuan Warga Salat Idul Fitri di Lapangan Blang Padang

Ribuan Warga Salat Idul Fitri di Lapangan Blang Padang
Ribuan masyarakat muslim melaksanakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu pagi (22/4). (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh – Ribuan masyarakat kota Banda Aceh dan Aceh Besar sekitarnya melaksanakan shalat Ied Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang dipusatkan di Lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh, Sabtu pagi (22/4).

Shalat Idul Fitri kali ini diimami oleh Tgk H Zamhuri Ramli SQ MA, yang merupakan salah satu Imam Rawatib Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Seusai pelaksanaan Shalat Ied, dilanjutkan Khutbah Idul Fitri yang disampaikan oleh Khatib Dr Tgk H Syahminan MAg yang merupakan Dosen dan pernah menjabat Wakil Dekan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Syahminan saat ini sebagai Kepala UPT Ma'had Al Jami'ah dan Asrama UIN Ar-Raniry.

Khatib menyampaikan khutbah dengan mengangkat Tema “Memaknai Secara Benar Hakikat Hari Raya Idul Fitri”.

Turut hadir Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar, Pangdam Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud, Sekda Aceh Bustami Hamzah, Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli dan pejabat lain.

Pejabat Forkopimda tersebut tampak berbaur bersama ulama dan masyarakat melaksanakan Shalat Ied di Lapangan Blang Padang

Dalam khutbahnya, Khatib Tgk Syahminan menyampaikan, pada hari ini kita berkumpul di tempat yang sangat mulia ini untuk memanjatkan rasa syukur ke hadirat Allah, karena sudah melalui bulan Ramadan yang penuh berkah.

“Hari Raya Idul Fitri bukanlah hanya untuk kita bersenang-senang, melainkan hari untuk semakin meningkatkan ibadah kita kepda Allah, karena setelah Ramadan ini para syaitan akan terus menggoda manusia agar kembali berbuat kesesatan yang nyata,” tambahnya

“Mengakui segenap kekhilafan, dosa, dan kesalahan merupakan hakikat kembali pada kesucian sesuai esensi Idul Fitri. Sebab itu, meminta maaf dan memberi maaf harus menjadi kesadaran bersama untuk memaknai hakikat Idul Fitri dalam arti yang sebenar-benarnya”.

Pada pelaksanaan Shalat Ied tersebut terlihat antusiasme masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar berbondong-bondong memenuhi Lapangan Blang Padang untuk melaksanakan.

Antusiasme tersebut terlihat dari penuhnya area Blang Padang oleh masyarakat Banda Aceh beserta keluarganya.

(MHD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi