Hendrik Sitompul: Pengolahan Pupuk Organik Penting bagi Petani

Hendrik Sitompul: Pengolahan Pupuk Organik Penting bagi Petani
Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Demokrat Hendrik Sitompul, saat membuka "Sosialisasi Teknik Pengolahan Pupuk Organik" yang diikuti ratusan peserta di Hotel Pancurgading Deliserdang (Analisadaily/Guntur Adi Sukma)

Analisadaily.com, Medan - Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Drs Hendrik H Sitompul MM, mengingatkan pentingnya pengolahan pupuk organik bagi para petani guna meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian.

"Karenanya, perlunya peningkatan pengetahuan dan pemahaman terkait hal ini," ujarnya kepada wartawan, Jumat (15/9).

Terkait hal itu, Hendrik sendiri pada 9 September 2023 membuka secara resmi "Sosialisasi Teknik Pengolahan Pupuk Organik" yang diikuti ratusan peserta di Hotel Pancurgading Deliserdang.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui video zoom dari Jakarta dihadiri dua Vikariat, yakni Vikariat St Yohanes Rasul Medan-Hayam Wuruk dan Vikariat St Petrus Rasul Medan Katedral.

Kegiatan ini guna mengedukasi kepada masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil) Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai (Sergai) dan Tebingtinggi terkait pemanfaatan pupuk organik.

Dalam kesemparan itu, Hendrik Sitompul menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pastor Beno Ola Tage Vikaris Episkopal Vikariat St Yohanes Rasul Medan-Hayam Wuruk dan Vikariat St Petrus Rasul Medan Katedral, Pastor Paskalis Surbakti (Pastor Paroki), Pastor Bonaventura Gultom (narasumber), Pastor Benteng Singarimbun, Pastor Ricky Natun (Koordinator Produksi Ecosophy), Frater Jasin Simatupang (Komsos), Br Sumitro Sihombing OFM Cap, P Angga CMF, Pastor Beno, sebagai Vikaris Episkopal Vikariat St. Yohanes Rasul Medan-Hayam Wuruk dan Vikariat St Petrus Rasul Medan Katedral, BRIN dan para pihak lainnya.

Menurutnya, sosialisasi ini merupakan bentuk kepedulian Komisi VII DPR RI bekerja sama dengan BRIN, kepada para peserta untuk mendapatkan pengetahuan terkait pupuk organik.

"Dari pelatihan ini, kita harapkan ini menjadikan pengetahuan bagi umat dalam membuat pupuk organik. Mudah-mudahan hasil pelatihan ini dapat berguna bagi kita, khususnya umat Katolik," paparnya.

Perwakilan BRIN, Fahmi, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya bangga karena anggota DPR RI Hendrik Sitompul dapat bergabung dalam sosilisasi ini.

Narasumber lain, Pastor Bonaventura Gultom, menyampaikan paparannya secara singkat terkait alam. Diakuinya, persekutuan ini tentang kepedulian terhadap alam.

Disebutkan, Paus bukan seorang tokoh politik, tapi kemanusian agar mencintai alam ini. Kepada milenial diingatkan, cinta kepada alam akan menyelamatkan manusia. "Karena mencintai alam itu juga bagian dari iman," jelasnya.

Sementara, Rumela Br Simarmata memberi penjelasan dan memandu secara langsung praktik di lapangan cara membuat pupuk organik kepada ratusan peserta yang berasal dari perwakilan Dapil Sumut I meliputi Medan, Deliserdang, Sergai dan Tebingtinggi.

Para peserta antusias mengikuti sosialisasi ini serta saat mengikuti praktik yang disampaikan Rumela bersama tim BRIN. Antusiasme terlihat dari tanya-jawab yang mengemuka.

Perwakilan BRIN menjawab semua pertanyaan dengan jelas dan lengkap dan membuat ratusan peserta yang hadir memberi aplaus dan semangat. Pihak BRIN pu memberi hadiah bagi peserta yang bertanya sebagai ungkapan terima kasih.

Dalam kesempatan itu, Hendrik Sitompul yang merupakan mantan anggota DPRD Kota Medan Periode 2014-2019 menyerahkan bantuan pupuk organik kepada ratusan peserta. Bantuan diserahkan secara simbolis diwakili Tenaga Ahli DPR RI Komisi VII Gunana Barus.

(GAS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi