Akhyar Lepas Kafilah Pawai Ta'aruf MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan

Akhyar Lepas Kafilah Pawai Ta'aruf MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution, melepas pawai kafilah MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan, Sabtu (15/2) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Meski di bawah guyuran hujan deras tidak menyurutkan semangat puluhan ribu kafilah mengikuti pawai ta'aruf sebagai rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-53 Kota Medan 2020 di Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (15/2).

Pawai ta'aruf dilepas langsung Plt. Walikota Medan, Akhyar Nasution, untuk menyemarakkan pembukaan MTQ sekaligus membangun silaturahmi antar kafilah dengan warga sekitar guna mendukung suksesnya festival pemuliaan kitab suci Al Quran.

03 Des 2023 10:38 WIB

Langsa Juara III MTQ XXXVI Aceh

01 Des 2023 07:52 WIB

12 Peserta Langsa Masuk Final MTQ Aceh

Antusiasme masyarakat menyaksikan pawai ta'aruf cukup tinggi sambil memberikan tepuk tangan meriah setiap kali para kafilah dari 21 kecamatan di Kota Medan ini melintas di Jalan Ngumban Surbakti.

Selain mengenakan batik Medan, para kafilah juga mengenakan baju adat dari semua etnis di Kota Medan sebagai bentuk kerukunan umat meski berbeda suku dan agama. Masing-masing barisan diisi marching band dan dipimpin camat.

Tidak hanya jajaran kecamatan, pawai ta'aruf juga diikuti paskibraka, pramuka, ibu-ibu pengajian, organisasi kepemudaan serta pelajar. Hal menarik lainnya, sejumlah kesenian daerah lengkap dengan peralatan musiknya dihadirkan sejumlah kecamatan agar pawai ta'aruf lebih meriah. Dengan tertib mereka menyusun barisan menunggu dimulainya pawai ta'aruf tersebut.

Pelepasan prosesi pawai taaruf diawali dengan marching band dan dilanjutkan pasukan Paskibraka dan pramuka yang membawa Bendera Merah Putih. Setelah itu dibuka dengan kontingen Kecamatan Medan Barat yang menjadi juara umum.

Dalam pawai ta'aruf, Kecamatan Medan Barat membawa piala bergilir yang mereka raih di MTQ ke-52 2019 yang berlangsung di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kecamatan Medan Marelan. Kemudian dilanjutkan Kecamatan Medan Labuhan, Medan Kota dan Medan Area.

Pelepasan pawai ta'aruf dilakukan Akhyar didampingi Plt Ketua TP PKK Medan, Nurul Khairani Akhyar, Sekda Medan Wiriya Alrahman dan istri beserta unsur Forkopimda melambaikan tangan kepada setiap kafilah yang melintas di depan panggung utama.

Iringan pawai ta'aruf ditutup dengan kafilah dari Kecamatan Medan Selayang selaku tuan rumah.

Tampak Akhyar memberikan apresiasi dengan mengacungkan jempol kepada sejumlah kecamatan yang menampilkan kreativitas di kontingen mereka. Sebab, Akhyar begitu menikmati setiap penampilan para kafilah yang juga akan dinilai oleh dewan juri.

"Alhamdulillah meski di tengah hujan deras pawai ta'aruf berjalan lancar. Selain sebagai rangkaian pembukaan MTQ, pawai ta'aruf ini juga menjadi wujud rangkuman keberagaman yang kita miliki. Tentu ini menjadi modal dan kekuatan bagi kita semua untuk bersama membawa dan membangun Kota Medan ke arah yang lebih baik," kata Akhyar.

Kemudian kepada kafilah, Akhyar berharap dapat menampilkan dan memberikan yang terbaik dalam semua perlombaan. Sekaitan itu, Akhyar pun mengajak masyarakat untuk menghadiri dan meramaikan MTQ yang akan berlangsung selama sepekan mulai 15-22 Februari mendatang.

"Kami mengharap dukungan dari seluruh masyarakat. Mari bersama kita bangun kebersamaan, keakraban dan rasa kekeluargaan lewat MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan. Terima kasih untuk semua kafilah dan juga masyarakat yang sudah memeriahkan pawai ta'aruf," ucapnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi