Bromo Meletus, Ribuan Warga Tengger Diberikan Bantuan Masker

detikNews - Probolinggo, Semburan abu muntahan Gunung Bromo berbahaya bagi pernafasan. Warga Tengger pun mendapat bantuan ribuan masker.

Melalui perwakilannya, komunitas #bicaraSurabaya menggelar bakti sosial di Cemoro Lawang, Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, Selasa (15/12/2015).

(dtc)

(dtc)

Komunitas yang anggotanya terdiri politisi, pengusaha, PNS, pejabat publik hingga wartawan itu membagikan masker kepada warga yang sedang beraktivitas.

Para pedagang maupun  penjual jasa sewa kuda pun tak luput dari pembagian. Bahkan, sekelompok warga  yang menumpang mobil pikap dengan tujuan ke pasar juga dapat.

"Terima kasih telah peduli kepada kita," kata Joni, pengojek asal Ngadirejo yang sedang mangkal di Cemoro Lawang usai mendapat masker.

Heri Dwi Wahyudi, perwakilan komunitas #bicaraSurabaya mengaku ikut merasakan yang dirasakan warga Tengger jika hujan abu mengguyur.

(dtc)

(dtc)

"Kami tidak bisa membantu banyak, tapi kami ingin ikut membantu agar warga bisa meminimalisasi gangguan pernafasan dengan memakai masker," kata Heri.

Semburan abu Bromo hingga mencapai ketinggian 1.500 meter itu sudah terbawa angin hingga Pasuruan dan Malang. Abu mengikuti arah mata angin. Hingga hari ini, status Bromo masih siaga. Wisatawan dilarang turun ke lautan pasir. (ze)

()

Baca Juga

Rekomendasi