Pembunuh Yoshimi Gasak Perhiasan dan Uang Rp 26 Juta

detikNews - Jakarta, Mursalim membunuh Yoshimi Nishimura karena ingin menguasai harta. Sekuriti Apartemen Casagrande ini menggasak perhiasan, handphone dan uang tunai milik perempuan asal Jepang itu.

"Motif pembunuhan untuk mengambil barang milik korban, seperti perhiasan, handphone dan ada juga sejumlah uang korban," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Tito Karnavian kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Eko Hadi Santoso menjelaskan tersangka berniat mencuri barang korban karena terdesak kebutuhan ekonomi. "Tersangka ini tahu korban sendirian dan memang sedang punya kebutuhan sehingga dia berniat mencuri barang-barang korban," kata Eko.

Hingga pada Jumat (4/9) malam, tersangka punya kesempatan untuk mencuri barang korban. Saat itu, korban turun ke lobi dan menemui tersangka untuk meminta pertolongan. "Korban meminta tolong kepada tersangka untuk membukakan pintu kamarnya karena rusak. Kemudian dia naik ke atas bersama korban, dan itu terlihat di CCTV," jelas Eko.

Setelah pintu kamar terbuka, tersangka kemudian mencuri. Namun ketahuan oleh korban, sehingga korban menjerit dan membuat tersangka membunuh korban.

Setelah korban tewas, tersangka mengambil barang-barang milik korban seperti uang tunai Rp 7 juta, sejumlah uang mata uang asing senilai Rp 19 juta, 2 unit handphone korban, anting-anting, cincin, anting tindik perut milik korban.

Tersangka ditangkap tim gabungan dari Unit V Subdit Resmob Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Selatan di atas bus Rajabbasa Utama di Pringsewu, Provinsi Lampung. (mei)

()

Baca Juga

Rekomendasi