4 WN China Diduga Komplotan Copet di Pesawat Masih Diperiksa Intensif

detikNews - Jakarta, Pihak Polres Bandara Soekarno-Hatta telah menerima pelimpahan 4 WN China yang diduga melakukan pencopetan di kabin pesawat. Keempat pria tersebut, saat ini masih dalam pemeriksaan intensif di Polres Bandara Soekarno-Hatta.

"Memang benar (ada kejadian). Saat ini masih kami lidik dan sidik," kata Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta Kompol Aszhari Kurniawan saat dikonfirmasi detikcom, Senin (21/9/2015).

Aszhari mengatakan, pihaknya masih akan mendalami kasus tersebut. "Masih dalam pemeriksaan," imbuhnya.

Komplotan pencuri ini beraksi di dalam pesawat Qatar Airways QR 0956 yang sedang mengudara dari Doha, Qatar menuju ke Jakarta, sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat pada Minggu (20/9). Para pelaku melakukan aksinya ketika pemilik sedang tertidur.

Aksi ini diketahui oleh penumpang lain yang melihat gerak-gerik mencurigakan para pelaku. Mereka membongkat tas penumpang yang disimpan di kabin pesawat.

Seorang saksi mata, Ken Yunita melihat aksi para pelaku. Ia dan temannya melihat bagaimana komplotan itu merogoh-rogoh tas penumpang lain, yang mana kabinnya tidak berada di dekat kursi pelaku.

"Pesawatku dari Doha jam 02.00 dini hari waktu setempat. Di tengah perjalanan, kira-kira 2 jam setelahnya, aku lihat ada satu orang lari naro tas penumpang lain di bagasi kabin. Itu jelas bukan tas-nya, wong dia enggak duduk di situ," ungkap Ken dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (21/9/2015).

Pelaku rupanya tidak hanya melakukan di satu titik, tetapi di beberapa kabin pesawat lainnya. Seorang korbannya kehilangan uang 200 Euro. Ken kemudian melaporkan peristiwa itu ke pramugara, dan ternyata pramugara tersebut juga sudah mencurigai gerak-gerik para pelaku.

Setibanya pesawat mendarat di Bandara Sooekarno-Hatta, pramugara tidak memperbolehkan penumpang keluar, pelaku digeledah. Dan ditemukan uang korban pada pelaku. Para pelaku kemudian diserahkan ke pihak keamanan bandara dan diteruskan ke Polres Bandara Soekarno-Hatta.

Aksi pencopetan di dalam pesawat ini memang sering terjadi. Pihak Polres Bandara Soekarno-Hatta sendiri sudah sering menangkap para pelaku.

Para pelaku biasanya melakukannya pada malam hari, ketika lampu pesawat dimatikan dan para penumpang tertidur lelap. (mei)

()

Baca Juga

Rekomendasi