Lima Tujuan Wisata Bahari Unggulan NTT

Kupang (ANTARA News) - Selain tiga danau di puncak Gunung Kelimutu yang airnya kadang kala berubah warna dan Pulau Komodo yang sudah dikenal wisatawan, Nusa Tenggara Timur (NTT) punya pantai-pantai dan teluk yang bisa menjadi tujuan wisata bahari unggulan.
 
Menurut Kepala Bidang Destinasi dan Promosi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Thomas Lelan, Rabu, NTT memiliki lima pantai dan teluk yang diunggulkan keindahannya yakni Taman Laut Teluk Maumere, Pink Beach di Manggarai Barat, Pantai Nihiwatu di Sumba, Alor Dive, dan Pantai Nemberala di Rote Ndao.

Taman Laut Teluk Maumere, yang berada sekitar satu kilometer dari Kota Maumere di Kabupaten Sikka, memiliki aneka jenis ikan, karang dan biota laut, dan disebut-sebut sebagai salah satu taman laut terindah di dunia.

Sementara alam bawah laut Pulau Alor, yang kata Thomas Lelan keindahannya sering disetarakan dengan Kepulauan Karibia, bisa menjadi pilihan tempat untuk menyelami keindahan pemandangan bawah laut.

Di samping itu ada Pantai Nemberala di Pulau Rote, yang masuk dalam daftar lokasi wajib untuk menyelam dan berselancar, serta Pantai Nihiwatu di Pulau Sumba, yang tercantum dalam daftar 100 pantai tercantik dunia.

Namun dia mengakui pengelolaan tempat-tempat wisata itu masih belum optimal. "Ke depan akan terus dioptimalkan secara bertahap dari seluruh pemangku kepentingan terkait termasuk pemerintah pusat maupun daerah," kata Thomas Lelan.

()

Baca Juga

Rekomendasi