Berbagi Kepada Orang Lain, Perbuatan Terpuji

Oleh: Muhammad Arifin

BERBUAT baik dengan berbagai kepada orang lain adalah perbuatan yang sangat terpuji. Untuk merayakan bagi masyarakat dunia dikenal dengan Hari Internasional Day of Charity (Hari Amal Internasional) yang diperingati setiap 5 September.

Hemmm, sahabat Taman Riang tentunya pernah berbuat baik dan berbagi dengan sesama. Berbagi dengan kakak atau adik di rumah, berbagi dengan teman-teman di sekolah dan di lingkungan.

Perbuatan terpuji tersebut ada yang datang dari orangtua kita, tetapi terkadang inisiatif teman-teman sendiri.

Ada yang berbagi makanan saat teman-temannya tidak membawa bekal ke sekolah karena ketinggalan. Meminjamkan pulpen maupun alat-alat sekolah ketika teman-teman kita lupa membawa.

Atau menolong teman kita yang sakit dengan membawanya ke Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan menjenguknya.

Perpuatan terpuji lainnya, berbagi ilmu saat teman-teman kita kurang memahami pelajaran.  Membantu orangtua menyelesaikan pekerjaan rumah,menyapu, mengepel dan menyuci piring.

Semua aktivitas tersebut tentunya pernah kita lakukan di sekolah dan di rumah. Aktivitas itu bisa kita lakukan karena orangtua kita selalu mengajarkan, bagaimana harus berbagi kepada saudara ketika di rumah. Misalnya berbagi makanan, mainan kepada adik atau kakak.

Efek dari pelajaran ini menjadi kebiasaan dan jika ini dilakukan semua anak-anak di negeri maka bangsa Indonesia akan menjadi negara hebat karena rakyat saling membantu.

Teman kita Jihan Ivana Putri dari MTs Al Ulum saat ditemui mengaku, dari perbuatan terpuji yang dilakukan tentunya akan mendatangkan pahala, simpati, dan Allah akan selalu bersama kita. Semoga adik-adik selalu menebar perbuatan terpuji ya!. Ayoo, jangan ditunda-tunda.

()

Baca Juga

Rekomendasi