Pentingnya Membaca Koran

KINI banyak remaja tak mau membaca koran dengan berbagai alasan seperti: “Malas ah! Yang baca koran 'kan bapak-bapak aja!” Padahal sebenarnya koran bisa dibaca oleh semua usia mulai dari anak-anak sampai lansia.

Tahukah kalian bahwa Indonesia termasuk negara yang  kurang dalam kecintaan membaca koran? Remaja sekarang lebih suka berma­in gadget mereka, padahal mem­baca koran sangat manfaat bagi anak-anak sampai lansia, khusus­nya bagi remaja yang sedang dalam tahap proses kedewasaan, yakni:

* Memberi informasi

Kalian bisa mengetahui hal yang sedang terjadi dari berbagai bidang dan berbagai daerah dan negara.

* Mengembangkan rasa pena­saran dalam diri

Membaca koran bisa mengem­bangkan rasa ingin tahu mengenai hal yang kalian baca, contoh: Ketika kalian melihat judul cerita yang menarik di koran kita menjadi ingin mengetahui isi cerita tersebut sehingga kalian membaca isi cerita­nya hingga habis.

* Meningkatkan kemauan untuk membaca

Jika kalian sudah membaca satu tulisan yang menarik hati, kalian pasti ingin untuk terus membaca dan tanpa disadari hal itu telah meningkatkan kecintaan kalian dalam membaca.

* Menjadi referensi

Ketika ada tugas dari sekolah kalian mencari bahan-bahan dari koran.

* Tempat untuk berkreativitas

Kalian bisa menulis berbagai artikel mengenai aneka hal dan mengirimnya ke koran. Kalian juga bisa mengirim gambar karya kalian.

* Menambah kosakata

Dengan membaca koran, kita bisa menemukan dan mengetahui kata-kata yang belum pernah kita tahu.

Masih banyak lagi manfaat dari membaca koran. Nah, sekarang bukankah dapat disimpulkan bahwa membaca koran merupakan hal yang bagus untuk dilakukan? Jadi mari mulai meningkatkan kecintaan membaca untuk generasi Indonesia lebih baik!

* Gina Sonia Marpaung, Juli 2016

()

Baca Juga

Rekomendasi