DPR Ingin Ada Kapolri Baru Sebelum Lebaran

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah berkomitmen mempercepat pembahasan soal pengangkatan Tito Karnavian sebagai Kapolri dan berharap segala prosesnya dapat selesai sebelum Lebaran.

"Saya kira lebih cepat lebih baik. Kalau bisa dibawa dalam rapat pimpinan hari ini, dibahas di badan musyawarah. Nanti sore kita kemudian segera lempar ke Komisi III, mungkin pekan depan Komisi III kalau memulai proses, tidak ada masalah. Kalau bisa sebelum Lebaran kita sudah punya calon Kapolri baru," kata dia di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis.

Kecenderungan mempercepat pembahasan ini, lanjut Fahri, adalah simbol percepatan akselarasi reformasi dalam tubuh kepolisian.

"Saya kira ada kecenderungan dari teman-teman semua (di DPR) untuk mempermudah dan mempercepat karena ini kita anggap sebagai simbolisasi dari percepatan akselerasi dari reformasi di tubuh kepolisian," kata dia.

Fahri menilai penunjukkan Tito memperlihatkan Presiden konsisten meyakinkan Polri berbenah dan mengambil peran-peran utamanya, khususnya dalam pemberantasan korupsi.

"Mudah-mudahan dengan mengangkat yang lebih muda itu, Presiden konsisten meyakinkan kepolisian negara untuk berbenah dan mengambil kembali peran-peran utamanya, tugas-tugas utamanya khususnya dalam pemberantasan korupsi," kata Fahri.

()

Baca Juga

Rekomendasi