Anggota DPR Ingin Peta Jalan Nirkecelakaan Diwujudkan

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Michael Wattimena menginginkan peta jalan menuju kondisi angka nirkecelakaan dapat segera diwujudkan seperti dalam masa lebaran tahun 2016 ini.

"Target untuk road map to zero accident (peta jalan menuju nirkecelakaan) bisa dicapai. Itu juga harapan seluruh rakyat, seluruh bangsa Indonesia," kata Michael Wattimena dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Komisi V DPR RI juga telah melakukan pengecekan beberapa titik strategis di sejumlah lokasi bandara, terminal, dan pelabuhan melihat kesiapan pos terpadu mudik, kondisi kendaraan hingga pelayanan penumpang.

Sebagaimana diwartakan, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menekankan pada masa angkutan Lebaran 2016 agar diupayakan tidak ada kecelakaan dalam bentuk apapun (zero accident).

"Saya mohon sekali dijaga supaya tidak ada accident, sebagian besar accidentitu karena kelalaian," kata Jonan dalam acara buka puasa di Kemenhub, Jakarta, Jumat (10/6).

Untuk itu, dia memerintahkan kepada jajarannya serta operator agar mengecek secara detil sarana dan prasarana baik itu darat, laut, udara dan kereta.

Sebelumnya, Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Sesditjenka) Popik Montanasyah mengatakan PT Kereta Api Indonesia menargetkan nirkecelakaan.

"Menteri Perhubungan meminta seluruh pergerakan transportasi baik darat, laut, udara, dan kereta api untuk mewujudkan zero accident selama masa angkutan Lebaran 2016," katanya usai melakukan inspeksi di Stasiun Jember, Jawa Timur, Jumat (3/6).

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut dia, PT Kereta Api Indonesia sebagai operator dan personelnya dari Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan turun bersama-sama untuk memastikan prasarana, sarana, dan regulasi dipatuhi dengan benar, serta sumber daya manusianya siap melaksanakan tugasnya dengan baik.

()

Baca Juga

Rekomendasi