Presiden Tiba di Balige Siang Ini

Analisadaily (Balige) - Memasuki hari kedua penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 yang berlangsung di kota Balige, Presiden Joko Widodo dan rombongan dijadwalkan akan tiba sekitar pukul 15.00 WIB dan mengenakan pakaian adat khas batak, Minggu (21/8).

Koordinator KKPDT, Jay Wijayanto mengatakan, presiden akan disambut dengan tarian Penyambutan Tortor Somba. Presiden akan diberikan air daun sirih agar presiden dan rombongan disucikan. 

"Ada ritual-ritual yang nanti dilakukan saat presiden tiba di Balige. Presiden bakal mengenakan ulos Ragidup Sirara dan istrinya ulos bermotif Tum-tum," ucap Jay.

Menurutnya, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba ini digelar dalam rangka mempromosikan pariwisata Danau Toba ke seluruh dunia serta memperingati perayaan HUT Ke-71 Kemerdekaan RI. 

Persiapan penyambutan Presiden Joko Widodo dengan adat setempat di Balige Minggu (21/8)

Persiapan penyambutan Presiden Joko Widodo dengan adat setempat di Balige Minggu (21/8)

26 provinsi, 7 kabupaten di sekitar Toba, 8 etnik, dan berbagai komunitas budaya direncanakan akan menjadi bagian dari acara karnaval. Empat ribu orang juga bakal mengambil rute sejauh 3,5 kilometer sebagai jalur karnaval serta kurang lebih 20.000 total orang akan terlibat dalam kegiatan ini. 

(RDN)

Baca Juga

Rekomendasi