Budayakan Menanam Sejak Dini

Asian Agri Bagikan 800 Bibit

AekNabara, (Analisa). “Yuk tanam pohon!” Demikian ajakan Manager Kebun PT. Supra Matra Abadi, Friendky Rumahorbo pada acara penanaman dan pembagian bibit pohon buah–buahan di SD Negeri 112178 Desa S2 Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu, Rabu (11/10).

Dia menjelaskan pentingnya me­num­buhkan budaya menanam pohon sejak dini bagi para siswa. “Mengajak anak-anak menanam pohon seperti saat ini, kami harapkan akan mem­berikan pemahaman bagi para siswa betapapentingnya menanam pohon untuk kelestarian lingkungan. Harapan kami, melalui acara ini akan menum­buhkan budaya menanam pohon bagi para generasi muda,” katanya.

“Seperti kata pepatah, ala bisa ka­rena biasa, kami harap buda­ya me­nanam pohon ini melekat di hati mereka, sehingga kelak mereka akan menjadi pribadi-pribadi yang peduli akan kelestarian lingkungan,” ujar Friendky

MenurutFriendky, selain di seko­lah, penanaman bibit pohon buah – buahan juga akan dilakukan di lahan terbuka yang berada di dalam kebun, rumah ibadah, kantor, pabrik, kantor afdeling, mess, perumahan karyawan dan areal terbuka lainnya. Di mana bibit pohon buah – buahan yang ditanam dan dibagikan adalah mangga, jambu air, rambutan, dan kelengkeng dengan jumlah total sekitar 800 batang.

Adapun penanaman perdana, secara simbolis dilakukan oleh Manager Kebun PT. SMA, Kepala Sekolah SD, Kepala Desa S2, Guru Sekolah, Karyawan dan masyarakat yang di­la­kukan pada areal teruka sekolah seperti pinggir halaman sekolah dan juga pekarangan sekolah dengan total tanaman sekitar 100 batang.

Kepala Sekolah SDN 112178 Ab­dul Karim SPd setelah melakukan pe­nanaman mengatakan sangat berterima kasih kepada PT. SMA yang mela­kukan penanaman di areal sekolah, dan sangat senang adanya bibit pohon buah-buahan ditanam di sekolahnya.

“Saya mengucapkan rasa terima kasih kepada PT. SMA yang datang dan melakukan kegiatan penanaman untuk menghijaukan areal sekolah dengan tanaman buah – buahan, hal ini sangat bermanfaat bagi kami. Jika buah – buahan nanti tumbuh dengan baik bisa dijadikan tempat berteduh dan belajar di luar kelas, dan juga tentunya jika berbuah bisa bermanfaat bagi kami,” ungkap Kepala Sekolah.

Abdul karim SPd menambahkan, “Sekolah ini memiliki areal terbuka yang cukup luas berupa semak dan rerumputan yang tidak bermanfaat, adanya program dari perusahaan menghijaukan areal tersebut akan menjadikan areal sekolah kami men­jadi asri dan nyaman”.

Penanaman tersebut juga dihadiri Koordinator CSR Asian Agri Sumut Fajar Suryono, dan Humas PT. SMA, Sumarjono. “Tujuan penanaman bibit po­hon buah–buahan di areal per­usa­haan untuk memanfaatkan ruang terbuka sehingga menjadi hijau dan teduh, menjaga kondisi iklim mikro di sekitar perusahaan sekaligus ke depan­nya dapat menjadi sumber buah – buahan lokal bagi masyarakat,” ujar Fajar.

“Pada bulan September 2017 yang lalu PT. SMA – Aek Nabara juga memberikan bantuan bibit pohon buah – buahan sebanyak 300 batang pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilakukan oleh Pemkab Labuhan Batu di Lapangan Ika Bina Enpabolo – Rantau Prapat. Penanaman bibit pohon buah – buahan dan pohon kehutanan juga akan kita lakukan di Unit Asian Agri wilayah Sumatera Utara lainnya,” tambahnya. (rel/nai)

()

Baca Juga

Rekomendasi