Pertamina Gelar Operasi Pasar LPG 3 Kg dan Tambah 500.000 Tabung di Sumut

Analisadaily (Medan) - Pertamina Marketing Operation Region I menggelar operasi pasar LPG 3 kg di beberapa titik wilayah Sumatera Utara. Operasi pasar digelar untuk memenuhi kebutuhan LPG bersubsidi berjalan aman dan lancar.

Pjs. Area Manager Communication & Relations Pertamina Sumbagut, Arya Yusa Dwicandra mengatakan, operasi pasar digelar salah satunya di wilayah Pangkalan Susu selama 2 hari, yaitu pada tanggal 13 hingga 14 September 2017.

“Pertamina menyediakan sebanyak 5.040 tabung di Pangkalan Susu, sehingga diharapkan kebutuhan masyarakat akan LPG 3 kg bersubsidi dapat terpenuhi,” kata Arya, Kamis (14/9).

Dijelaskan, Pertamina menyalurkan LPG 3 kg bersubsidi sesuai dengan penyaluran dan kebutuhan normal harian di Sumut sebanyak 385.000 tabung per hari, dimana untuk wilayah Pangkalan Susu sebanyak 2.200 tabung per hari.

“Sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha sendiri, hingga saat ini ada penambahan penyaluran hingga 523.000 tabung untuk Sumut,” jelasnya.

Arya menuturkan, untuk wilayah Pangkalan Susu terdapat 4 agen dan 25 pangkalan yang melayani kebutuhan LPG sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan, yaitu sebesar Rp 16.000. Pertamina hanya menyalurkan LPG kepada masyarakat melalui pangkalan resmi yang memasang plang atau spanduk HET.

“Pertamina juga akan terus melakukan koordinasi dengan dinas perdagangan setempat untuk memantau penyaluran LPG 3 kg bersubsidi,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, LPG 3 kg merupakan barang yang disubsidi pemerintah dan peruntukan hanya bagi warga miskin atau tidak mampu. Pertamina mengharapkan kesadaran bagi warga mampu untuk dapat membeli LPG non subsidi dengan varian bright gas 5,5 dan 12 kg atau tabung biru 12 kg serta tabung 50 kg untuk hotel dan restaurant.

“Pertamina terus berupaya menyalurkan LPG kepada masyarakat,” Arya menandaskan.

(REL)

Baca Juga

Rekomendasi