Pelatihan SPMI bagi Manajemen Panca Budi

Medan, (Analisa). Perguruan Panca Budi yang saat ini membina lima tingkat satuan pen­didikan taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah per­tama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah ke­ju­ruan (SMK) terus berkomitmen un­tuk melakukan perbaikan mutu se­cara terus menerus sesuai dengan Stan­dar Nasional Pendidikan. Maka Untuk menjamin keberlangsungan proses penjaminan mutu tersebut perlu se­buah sistem penjaminan yang berpe­doman pada Standar Nasional Pendi­dikan.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut maka Perguruan Panca Budi berkerja sama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dengan menyeleng­garakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Pelatihan di ikuti sebanyak 20 peserta yang terdiri dari kepala seko­lah dan wakil kepala sekolah dengan pola pelatihan 32 jam pelajaran selama empat hari mulai 24 hingga 27 September 2018.

Dalam siaran pers, Rabu (10/10) dijelaskan, pelatihan dibuka Koordi­nator Perguruan Panca Budi, Prof Dr R Hamdani Harahap, MSi. Ia menyam­paikan hendaknya semua peserta pela­tihan dapat mengikuti dengan sung­guh-sungguh dan diharapkan nantinya dapat diaplikasikan dan diterapkan sehingga mutu Perguruan Panca Budi semakin meningkat.

Kepala LPMP Povinsi Sumatera Utara, Afrizal Sihotang ST, MSi me­nu­gas­kan dua narasumber yaitu Drs Syahdian, M.Si dan Fitri Wijayawati, SPsi. MPd.

 Drs Syahdian yang juga Kepala Fasilitasi Pemetaan Peningkatan Mutu Provinsi Sumatera menyampaikan bah­wa Perguruan Panca Budi adalah sekolah pertama di Provinsi Sumatera Utara yang menyelenggarakan Pela­tihan SPMI secara mandiri.

Sistem Penjaminan Mutu Internal Pendidikan Dasar dan Menengah, yang selanjutnya disingkat SPMI-Dikdasmen adalah suatu kesatuan un­sur yang terdiri atas kebijakan dan pro­ses yang terkait untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh setiap satuan pen­didikan dasar dan satuan pen­didik­an menengah untuk menjamin terwujud­nya pendidikan bermutu yang meme­nuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan.

Diharapkan setelah Pelatihan SPMI ini semua pemangku kepentingan yang ada di Perguruan Panca Budi mampu melaksanakan siklus penjaminan mutu secara berkelanjutan di satuan pendi­dikan yang dipimpinnnya sampai terbentuknya budaya mutu secara keseluruhan. (rel/rrs)

()

Baca Juga

Rekomendasi