Bus Gratis Disediakan Panitia Selama MTQN XXVII

Analisadaily (Medan) - Panitia Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII menyediakan bus gratis untuk masyarakat yang hendak menonton musabaqah di tiap venue. Bus gratis digunakan untuk mengangkut masyarakat merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan berjumlah 66 unit.

“l"Bus bantuan kementerian ada 66, itu semua dari tanggal 2 Oktober malam," kata Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Iswar, Kamis (4/10).

Bus-bus telah dilakukan cek kelayakan. Begitu pula dengan sopir-sopirnya yang juga didatangkan dari Jakarta. Seluruh driver juga sudah dilakukan pengecakan narkoba dan kesehatan oleh dokter-dokter dari Dinas Kesehatan.

Selain sopir, di dalam bus tersebut telah ditugaskan Liaison Officer (LO) yang bertugas untuk memandu penumpang. Di bus-bus Kementerian, sopir telah melekat di bus dari Jakarta, di bus ada LO sebagai petunjuk.

"Nantinya, diprioritaskan pegawai kita ada berada dalam bus itu," ujarnya.

Bus tersebut sedang diperbantukan untuk penjemputan kafilah dari bandara hingga tanggal 7 Oktober pada saat pembukaan MTQ Nasional. Setiap provinsi diperkirakan mengirim kafilahnya sebanyak 100 orang, untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Maka, bus bantuan tersebut disisipkan untuk mengangkut kafilah dari bandara hingga ke tempat peristirahatannya. Hingga hari pembukaan kita, bus akan konsern membawa kafilah, kafilah yang banyak ini kita protoritaskan dulu, mereka tamu Sumatera Utara, jangan sampai tidak terangkut," terang Iswar.

Setelah tanggal 7 Oktober, bus mulai digunakan untuk mengangkut massa di titik-titik yang telah ditentukan. Misalnya ada permintaan untuk menjemput massa dari kecamatan, pengajian, akan dijemput.

"Kita jemput sesuai permintaan masyarakat, ini sudah ada data-data yang mau dibawa," ungkapnya.

Selain itu, disediakan juga bus shuttle untuk mengangkut masyarakat dan mengantarnya ke titik-titik lokasi lomba, dan semua lokasi lomba dikellingi. Bagi masyarakat yang akan menonton atau yang mau melihat-lihat Lapangan Merdeka terus mau ke Astaka boleh menggunakan bus.

"Frekuensi kedatangan shuttle bus akan disesuaikan nantinya. Minimal sekali frekuensi waktu setengah jam sesuai dengan titik- titik massa," ungkapnya.

Bus gratis yang disediakan panitia ditandai dengan tulisan “Angkutan Gratis MTQN XXVII”. Lokasi yang akan dilalui shuttle bus adalah semua titik lokasi cabang lomba MTQ nasional.

Di antaranya Arena Utama (Sport Center Area) Jalan Pancing/Williem Iskandar, Lapangan Merdeka Medan, Asrama Haji, Lapangan Istana Maimun Jalan Brigjen Katamso Medan, Aula H Anif-Unimed, UINSU Pancing, Gedung Sumekto Djajanegara Akademi Pariwisata.

(RZP)

Baca Juga

Rekomendasi