Membangun Keluarga Islami dan Harmoni

PERNIKAHAN merupakan sebuah penya­tuan antara dua insan yang saling mencintai dalam ikatan halal. Setelahnya, mereka berdua akan mulai mengenal sebuah kehidupan baru bernama rumah tangga. Di sinilah, kewajiban dan hak antara suami dan istri harus dijalankan secara seimbang, agar terjalin keluarga yang harmonis.

Buku “Seni Istri Memanjakan Suami” dan “Seni Suami Memanjakan Istri” ini dicetak unik. Ini adalah buku dua wajah dalam satu jilid yang utuh, ibarat dua sisi mata uang. Buku berlatar sampul merah muda dan biru ini ber-ISBN sama. Buku ditulis oleh pasangan suami istri: Wiwid Prasetyo dan Siti Ning Rahayu.

Kedua penulis menghadirkan bahan bacaan tepat guna. Bisa dibuat pegangan dalam membangun kehidupan berke­luarga yang islami dan harmoni. Meng­gapai kebahagiaan yang hakiki yaitu membangun rumah tangga surgawi. Lantas, bagaimana caranya?

Kehidupan rumah tangga menjadikan manusia memiliki banyak pembelajaran menuju pribadi sejati. Karena di dalam­nya, pasangan suami istri sedang melakukan keseimbangan dalam me­ngem­ban tugas masing-masing sesu­dah akad nikah—menjaga hak dan kewajiban sebagai suami dan istri. Dalam syariat Islam sudah diatur masalah rumah tangga dengan sangat tepat dan indah.

Seorang istri harus mampu menghayati perannya sebagai pendamping bagi suaminya sekaligus ibu bagi anak-anaknya. Di antara per­kara terpenting yang harus diciptakan ada­lah ketenangan dan ketente­raman. Dua hal ini merupakan faktor terpenting yang bisa menja­dikan suami berbahagia karena tempat tinggal yang bisa dijadikan tempat peristiraha­tannya (hal 28, Seni Istri Memanjakan Suami).

Seorang istri merupakan pakaian bagi suaminya, begitupun sebaliknya. Istri yang mampu menjaga diri, maka ia akan dimulia­kan dan kehormatannya akan ditinggikan oleh Allah. Karena hal ini akan membuat suami tidak merasa khawatir atas kemam­puan istri menjaga harga dirinya dan mendapati ridha suami.

Istri muslimah selalu menjadikan rumah tangganya sebagai ladang jihad. Malaikat akan memuji kita sebagai seorang hamba yang akan meraih surga, karena kita tidak pernah menge­luh dan selalu berupaya untuk menun­tas­kan pekerjaan demi meraih keridhaan suami (hal 130, Seni Istri Meman­ja­kan Suami). Ada pahala besar bagi istri yang mengabdikan dirinya untuk menaati suaminya, dan semua itu akan berbuah surga yang bebas dipilih dari pintu mana saja.

Begitupun seorang suami sebagai peme­gang kendali nakhoda rumah tangga­nya. Hal yang harus dimiliki seorang suami untuk men­jadi imam bagi rumah tangganya adalah mem­bekali dirinya dengan keimanan. Hal ini akan menjadi fondasi yang kokoh. Pernikahan selain sebagai penyatuan dua insan dalam ikatan halal, juga menyatu­kan dua keluarga. Suami istri dituntut untuk saling menjaga silaturahmi agar memperoleh kebaikan.

Kebahagiaan yang ingin dicapai dalam se­buah hubungan rumah tangga tentu takhta­nya mencapai dunia semata saja, tetapi harus kita arahkan untuk kebahagiaan akhirat (hal 24, Seni Suami Memanjakan Istri). Bantulah istri untuk selalu men­jalankan ketaatan pada Allah, karena dari seorang istri akan terlahir generasi penerus. Seorang suami pun harus siap men­jaga dan melin­dungi cahaya di dalam rumah tangganya.

Buku ini di dalamnya terdapat 30 kiat untuk membangun kebahagiaan dalam rumah tangga, dijelaskan sesuai syariat Islam. Karena tujuan lahirnya buku ini sebagai pegangan para suami dan istri yang ingin membangun keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.

Uniknya, isi bukunya dibedakan setiap judul, antara sampul depan dan belakang serta siapa penulisnya di masing-masing judul. Selain memudahkan pembaca untuk memilih judul yang ingin dibaca, pembaca seakan-akan memiliki dua buah buku. Karena cover juga telah dibedakan warna­nya.

Sayangnya masih terdapat beberapa kesalahan penulisan; salah ketik, kelebihan mau­pun kekurangan huruf. Tetapi, tidak mengurangi pesan-pesan yang ingin disampai­kan oleh penulis tersebut. Buku ini tidak hanya cocok dibaca oleh pengantin baru, tetapi juga cocok bagi keluarga muslim yang sudah lama menikah.

Peresensi: Tri Jazilatul Khasanah, Mahasiswi Universitas Negeri Malang

Judul Buku     :     1. Seni Istri Memanjakan Suami
                          2. Seni Suami Memanjakan Istri
Penulis     :     Wiwid Prasetyo dan Siti Ning Rahayu
Penerbit     :     Semesta Hikmah
Cetakan     :     I, 2018
Tebal         :     xii + 144 dan x + 162 halaman
Keterangan    :     Buku Dua Wajah dalam Satu Jilid

()

Baca Juga

Rekomendasi