FIS Unimed Gelar Pameran Produk Pembelajaran

Analisadaily (Medan) - Civitas akademik Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar pameran pembelajaran yang mengangkat tema 'Kreativitas Membangun Negeri', 29-30 November 2018.

Turut hadir dalam pembukaan pameran tersebut Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Prof. Drs. Darmono, M.Ed (Rektor Unimed Periode 1994-1999), Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, Dekan FMIPA Dr. Martina Restuati, M.Si.

Ada juga Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum., Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd., Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., Fungsionaris se-lingkungan FIS, Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan, Ketua Prodi, Dosen, tamu undangan dan ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial.

"Kegiatan tersebut menampilkan berbagai produk pembelajaran KKNI dari Pendidikan Geografi, Pendidikan Antropologi, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Sejarah," kata Dekan FIS Unimed, Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, Sabtu (1/12).

Pameran produk pembelajaran yang baru pertama kali digelar ini juga mengundang Museum Kota Cina dan Museum Uang Sumatera.

Pameran pembelajaran 'Kreativitas Membangun Negeri' oleh mahasiswa FIS Unimed

Pameran pembelajaran 'Kreativitas Membangun Negeri' oleh mahasiswa FIS Unimed

Adapun yang ditampilkan dalam pameran tersebut diantaranya peta, maket permukaan bumi, maket sistem tata surya, etnophotography, replika manusia purba dan candi, aneka patung kayu, koleksi uang kuno, hasil temuan di situs kota cina, jajanan tradisional, infografik profil tokoh, games edukasi menggunakan ular tangga, media pembelajaran dan lainnya.

Selain pameran pembelajaran, kegiatan ini juga diisi dengan workshop tanggap bencana, tari-tarian daerah, dan aneka hiburan lainnya. Semua kegiatan melibatkan mahasiswa FIS Unimed.

"Pameran produk pembelajaran ini adalah kegiatan yang pertama kali digelar dan merupakan komitmen seluruh civitas FIS atas nilai keilmuan dan pendidikan, mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar dan bisa meningkatkan kemampuan dan pengalaman," jelas Nurmala.

Pameran pembelajaran 'Kreativitas Membangun Negeri' oleh mahasiswa FIS Unimed

Pameran pembelajaran 'Kreativitas Membangun Negeri' oleh mahasiswa FIS Unimed

Sementara itu Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, mengapresiasi pameran pembelajaran tersebut. Dia berharap kegiatan ini dapat menginspirasi semua mahasiswa FIS dan juga mahasiswa Unimed secara keseluruhan agar terus meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam berbagai kegiatan.

"Perkuliahan di Unimed harus berorientasi pada proses dan hasil produk. Kurikulum KKNI yang sudah diterapkan pada tahun 2016 lalu, kini dinilai sudah menuai hasilnya. Saya sangat bangga kepada mahasiswa FIS yang terus berinovasi dan berkreasi. Peran pendidikan adalah meningkatkan kompetensi skill, memperbaiki karakter, menciptakan peradaban dan meningkatkan kesejahteraan," ucapnya.

"Ada tiga kelompok manusia istimewa menurut Unimed, yaitu orang yang bisa menghasilkan karya, bisa menghasilkan jasa dan memberikan layanan, itulah orang-orang yang bisa survive dimanapun dia berada dan bisa menghadapi perkembangan zaman," pungkas Prof. Syawal.

(JW)

Baca Juga

Rekomendasi