Satu dari Sepuluh Negara di Dunia

Greenland, Denmark Berpenduduk Paling Sedikit

DUNIA yang menjadi hunian manusia sangat besar. Setidaknya ada 200 lebih negara yang eksis atau ter­catat di bumi ini. Anda pasti pernah mendengar na­ma-nama negara itu karena sering muncul di media atau buku pelajaran.

Namun, ternyata ada juga ne­gara-negara yang asing di telinga karena jarang diekspose media.

Mereka hidup dalam lahan yang tidak terlalu besar dan jumlah pen­duduknya pun sedikit sekali. Be­rikut beberapa negara berpen­du­duk sedikit di dunia:

1. Greenland, Denmark

Kepadatan populasi Greendl­and tercatat 0,0 orang per kilome­ter per­segi. Dengan kata lain jika berja­lan sejauh satu kilometer, bisa jadi Anda tidak akan mene­mukan sia­pa­pun. Total populasi di Greend­land hanya ada 56.000 orang, untuk luas 2,1 juta kilometer persegi.

2.Falkland Isl­ands, Ing­gris

Kepulauan Falkland merupa­kan negara persemakmuran Ing­gris yang berada di dekat Amerika Se­latan. Kepadatan populasi Ke­pulauan Falkland hanya 0,3 orang per kilometer persegi.

Meski kurang dikenal, turis yang berkunjung ke Kepulauan Falkland biasanya akan kembali lagi. Negara ini terkenal dengan pe­mandangan pesisir, habitat penguin, dan makanan yang lezat.

3.Western Sahara, Ma­ro­ko

Sahara Barat merupakan tanah seluas 266.000 kilometer persegi yang menjadi sengketa antara Ma­roko dan Polisario Front, gerakan pemberontak yang didu­kung Al­jazair.

Tanah Sahara Barat didomi­nasi gurun pasir. Namun kaya akan fos­tat dan minyak lepas pantai. Se­benarnya tidak disaran­kan untuk berwisata ke Sahara Barat lantaran statusnya yang menjadi sengketa antar negara dan keamanan yang tidak terjaga.

4.Mongolia

Cuaca esktrem dan pereko­no­mian yang belum berkembang membuat hidup di Mongolia cukup menantang. Kepadatan populasi di Mongolia hanya 1,9 orang per ko­­lometer persegi. Cobalah me­nginap di rumah tenda suku nomad saat berkunjung di Mongolia.

5.French Guyana, Pran­cis

Wilayah La Guyana meru­pakan bagian luar Prancis, yang terletak di pantai utara Amerika Selatan, berbatasan dengan Suriname, Brazil di selatan dan barat-laut Atlan­tik ke utara.

Seperti bagian-bagian luar lain­nya, Guyana Prancis juga meru­pakan wilayah Prancis, salah satu dari 26 daerah dari Prancis, dan merupakan bagian dari Re­publik Prancis. Di daerah seukuran Maine atau Portugal, ter­dapat 187.000 orang.

6.Namibia

Republik Namibia adalah se­buah negara di Afrika Selatan-ba­rat, berbatasan dengan Samu­dra Atlantik ke barat, Afrika Selatan ke selatan, Botswana ke timur dan Angola di sebelah utara. Di daerah se­kitar ukuran Ontario atau Malay­sia ada 2 juta orang dan memiliki masalah besar dengan HIV/AIDS.

7. Australia

Jumlah penduduk 2.1050.000; ka­wasan 7.682.300; kepadatan 2,6 jiwa/km2. Di daerah seluas 48 ne­gara bagian Amerika Serikat (AS) atau hampir dua kali ka­wasan Uni Eropa (UE), terdapat 21 juta orang di dunia dan kebanyakan ular ber­bisa. Dua pertiga dari lima orang tinggal di kota-kota besar, semua terletak di pantai.

8. Suriname

Negara bekas jajahan Belanda ini punya hubungan sejarah yang erat dengan Indonesia. Saat za­man penjajahan Belanda, banyak orang Indonesia yang dikirim ke Suri­name untuk dijadikan pekerja.  Suriname memiliki kota ber­ga­ya Eropa, dan kepadatan po­pu­lasinya hanya 3,3 orang per kilometer persegi..

9. Islandia

Islandia adalah sebuah negara pulau di Eropa Utara, yang terletak di Samudra Atlantik Utara antara daratan Eropa dan Greenland. Di sini wisatawan dapat men­daki gunung api dan bebatuan yang diselimuti es. Islandia me­miliki populasi sekitar 330.000 orang dan mayoritas tinggal di ibu kotanya, Reykjavik.

10.Mauritania

Mauritania adalah sebuah ne­gara di Afrika barat laut, ber­batasan de­ngan Samudra Atlantik di sebe­lah barat, Senegal di barat daya, Mali di timur dan tenggara, Aljazair di timur laut, dan Maroko-Sahara Barat dikontrol Di barat laut. Di daerah seluas Ontario atau Mesir terdapat tiga juta orang. (listvc/es)

()

Baca Juga

Rekomendasi